mobilio-belakangop5

Kobayogas.com – Oke lads, kemarin kita sama sama sudah melihat sosok Honda Mobilio dari luar maupun sebagian besar interiornya. Bagaimana dengan volume bagasinya? Mumpuni kah? Atau jangan jangan nyaris gak bisa bawa apa-apa? Lalu fiturnya sendiri lengkap tidak? Cekidot lads…..

Langsung saja kita beralih ke bagian belakang si Mobilio ini…

Volume Bagasi

Terbesar dan terluas dikelasnya, memang perbedaannya tidak terlampau jauh terutama dengan Avanza. Sungguh kejutan ketika melihat masih tersisa ruang yang lebih dari cukup di bagasi dengan keadaan semua jok tegak padahal dari luar Mobilio terlihat lebih kompak dari Xeniavanza. Untuk pelipatannya pun juga mudah, sama seperti yang lain, tinggal tarik tuas maka jok akan melipat ke depan. Kalau saja bisa rata lantai, akan dashsyat sekali efeknya.

masih tersisa ruang cukup saat semua jok tegak
masih tersisa ruang cukup saat semua jok tegak
Bagasi lega
Bagasi lega
cukup tarik tuas ini untuk melipat jok belakang
cukup tarik tuas ini untuk melipat jok belakang

Fitur

Bodi menganut keselamatan G CON + ACE, plus desain bodi depan yang sudah pedestrian safe. ABS dan EBD, Dual Airbags, MID hanya bisa disamakan dengan Ertiga, lainnya minggir. Icon ECO menghiasi meter clusternya, menjaga agar pengemudi dapat mengemudi hemat. Footrest pada kaki kiri untuk tipe matik membuat KBY iri, karena si Kuro aja gak ada. Sisanya ya standar mobil modern lah ya, Tilt Steering, Power Window, Electric Mirror, Central Door lock, high mount stop lamp with LED, Immobilizer dan fog lamp. AC Double blower hanya ada di tipe E saja.

Transmisi canggih CVT dengan Grade Logic Control, bahkan Jazz lama pun tidak ada tambahan fitur canggih Grade Logic Control yang dapat mengatur posisi gigi sesuai dengan karakter mesin dan kontur jalan. Hanya Grand Livina dengan XTronic CVT-nya yang bisa menyaingi.

Transmisi CVT
Transmisi CVT
Hanya ada di tipe E dan atasnya
Hanya ada di tipe E dan atasnya
Penunjuk Eco Driving
Penunjuk Eco Driving
Lampu led pada 3rd brake lamp
Lampu led pada high mounted stop lamp

Driving Position

Masih meragukan Honda punya ergonomi? Get outta here hehehe… Honda dikenal mempunyai posisi mengemudi yang sangat baik, pada semua produknya, tanpa terkecuali, wartawan manapun akan mengamini hal ini. Jadi walau tanpa setelan ketinggian jok driver, tapi posisinya sudah pas dengan kebutuhan kebanyakan pengemudi. Mata melihat sekeliling dengan baik tanpa terhalangi pilar A yang berlebih. Kaca depan luas dengan visibilitas baik begitupun kaca belakang. Jok menopang tubuh cukup sempurna. Hmmm andai bisa test drive… better luck next time.

Mesin

Ternyata, KBY harus mengakui kesalahan, mesin yang digunakan oleh Mobilio bukanlah bertipe L15A SOHC 16 Valve i-VTEC seperti milik Honda Jazz, City dan Freed. Mesin ini berkode L15Z1, mesin yang dipakai Honda City baru di India, walaupun tenaganya sama persis dengan Freed (118 PS) namun torsinya sama dengan Jazz/City di 145 Nm. Perbedaannya ada pada printilan jeroan dan setting torsi maksimum yang diraih pada RPM lebih rendah.

Mesin baru bertipe L15Z1 dari India
Mesin baru bertipe L15Z1 dari India

Harga

Disini keanehan dimulai. Harga diset mulai dari Rp. 159,500,000 untuk tipe S M/T sampai dengan Rp. 198,000,000 untuk E CVT Prestige, terlihat masuk akal. Namun lads harus menambahkan Rp. 1 juta untuk masing-masing warna yang ada, lucu? Iya. Mau terlihat terjangkau tapi malah jadi mahal.

Opini dan Fakta: Fitur keselamatan dan gimmick lengkap hanya ada di tipe E ke atas. Pada tipe S tidak ada seat back pocket, ABS EBD, vanity mirror dan 2nd row sliding seat. Harga tersebut di atas belum termasuk paket servis… are u kidding me? Secara kualitas produk KBY tidak meragukan kapasitas dan kapabilitas Mobilio, namun dengan harga yang harus nambah ini itu? Get outta here…

Pastikan lads tidak bermasalah dengan hal tersebut, karena diluar itu semua, Mobilio akan menjadi hit car of the year 2014 🙂

110 COMMENTS

  1. Bos, coba ente bahas perbandingan 3 sistem injeksi dari VVTI-Avanzaxenia, VVT-Ertiga, nah kalo honda IVTEC itu ya??, itu perbedaan mendasarnya dimana? sekedar masukan, tapi sangat saya tunggu ulasannya.. saya dah rutin mampir; walo jarang berkomen..

    • Halo om, kalau yg disebut itu bukan sistem injeksi, tapi teknologi pengaturan katup variabel… Kalau injeksinya sih beda2 nama doang, prinsip kerjanya mirip.
      Toyota-Daihatsu punya EFI, Suzuki punya EPI, Honda ya PGM-FI…

      Soal pengaturan katup variabel kalau ada waktu lebih saya bahas lebih jauh dan dicoba agar bahasanya tdk terlalu teknis.
      Tapi sama dengan injeksi, prinsip kerjanya mirip mirip antara VVT-i, VVT dan VTEC atau i-VTEC

  2. Menurut om, overall si mobilio ini dapat rank brp dari 3 kompetitornya, duo kaleng & ertiga ??

    • Sementara ini penilaian secara visual brio nomor 2, karena kalah tipis dari Ertiga, tipis loh ya.
      Ketiga grand livina, keempat Xeniavanza kelima Spin…

    • Sayangnya saya blm tes mobilio… Kalau soal nyaman sih ertiga… Kebetulan MT sdh coba, sbg supir dan penumpang. AT ertiga nebeng temen.
      Kalau lihat dari karakter honda, pasti bantingannya agak keras dikit.

  3. wah ertiga nih yg kena, baru mau nyodok udah ada yg ngantri di belakangnya, kalo dua kaleng mah lupain aja, just kick’em out! 😀

    • oia, desain depannya matiin pasaran sendiri, Brio pisan! trus desain dasbotnya jg juelek bingiiit! ada buletan2 gajebo gitu, malu ah ama performa mesin 😀

      • dulu ay kira bakalan kaya freed, ato all new city gitu lah garis2nya tegas, eh jebule . . . malah bulet bulet..ga nyambung ama punggung yg cityvic bingit, udah gitu ay ga beli pula huahuahuaaa

      • yaudah deh 😀

        oia, geli denger iklannya T di Elshinta, pake kuis berhadiah nonton world cup segala, seumur2 baru kali ini T bikin iklan, pake kuis pula, wkwkwk

  4. klo fwd brarti si mobilio ini lemot d tanjakan ky grand livina y om? klo interior lbh cheapy si mobilio ini y dbanding livina?

  5. saya pernah tarik2an ama temen dia pake veloz matic di tanjakan ngargoyoso purworejo… saya pake freed sama sama penumpang 4. freed sukses nyalip veloZ…fwd honda kayaknya gak masalah kalo jalannya onroad…iVtec emang joz
    yg jadi masalah kalo offroad.. nah disini 4wd yang menang. jadi bila punya boil banyak prioritas saya1.fwd 2.4wd 3.rwd. fwd buat harian, 4wd buat ke sawah, rwd buat balapan….

  6. masih gemes kenapa depannya pake brio..tadi liat di jalanan ala brio tapi aneh mesti mobilio..bener aja..masih berharap depannya pake jazz i-dsi.. :mrgreen:

Yuk Tinggalin Jejak Lads..