cb150fairing

Lahirnya Kawasaki RR Mono 250cc 1 silinder, tak pelak membuat nyaris semua prediksi diarahkan kepada klan CBR milik Honda. Akankah Honda berbenah?

KBY –Β Ada kalanya dalam suatu persaingan bisnis, satu – dua produsen tidak akan selalu melakukan respon atau counter terhadap apa yang sudah dilakukan kompetitornya. Itulah yang saat ini keputusan yang diambil oleh Honda (AHM).

Munculnya Kawasaki RR Mono disebut para pundit otomotif akan menohok Honda terutama kelas sport premiumnya, yaitu klan CBR. Dari sisi harga faktanya memang demikian dan tidak sedikit yang berprediksi bahwa Honda nantinya akan melakukan CKD atau melokalkan CBR seriesnya. Well, it’s not gonna happen lads…KBY pernah membahasnya disini.

RR MonoSelain sudah firm bahwa Honda tidak akan men-CKD kan CBR series, terdapat kabar bahwa Honda tidak akan merespon atas produk Kawasaki yang baru brojol, Ninja RR Mono. Tidak ada urgensi bagi Honda untuk meng-counter RR Mono, ada saatnya Honda bertindak untuk “mencaplok” kompetitor, ada saatnya Honda membiarkan satu kompetitor merajalela, itu dilakukan katanya agar suasana kompetitif dapat dijaga.

Honda_CBR150R_vs+Yamaha_YZFR15_v2

Jelas, Honda tidak ingin terbuai dan mengulangi kesalahan seperti yang terjadi pada tahun 2007 (ada apa di tahun tersebut?). AFAIK, saat itu Honda hanya menang tipis-tipis saja dari kompetitor, itu akibat terlenanya karena tidak adanya iklim persaingan. Adakah pemirsa blog yang ingin menambahkan kejadian pada tahun tersebut? Most welcome.

Tidak akan adanya counter terhadap RR Mono sementara ini apakah berarti Honda berfikir bahwa Kawasaki bukanlah rival berlabel nemesis dan bukan kompetitor yang wajib “dicaplok”? Bisa jadi, plus mungkin Honda (AHM) merasa CBR series bukanlah urusan mereka, atau tepatnya, kelas 250 cc bukanlah amusement park mereka. Sepertinya AHM hanya akan concern kepada sport dibawah 250 cc, jika begitu maka R15 adalah lawan yang sepadan untuk di counter dan R25 bisa dianggap diabaikan. CB150 fairing ready to launch? Most likely lads…

Thanks for reading and sharing your thoughts…

84 COMMENTS

  1. Mungkin kawasaki kmi, di mata ahm belum keterlaluan, kalau yamaha emang sudah di pandang musuh yg harus di takluk kan….

    mungkin ahm tersinggung dg iklan iklan nya da fans boy nya…

    bersukur kmi tidak di masukan daftar hitam oleh ahm….

  2. Pinter juga Honda, dan AHM juga. Kenapa harus ngoyo buang energi untuk berebut kue yang hanya secuil? Biar saja kue yang secuil untuk rebutan mereka yang mau, AHM enakan duduk di pojokan aja sambil melihat gerak-gerik lawan yang sesungguh,hehehe…

  3. ahm emg g di kasih kali sm principal mainan motor fairing? trauma pnjualannya nyungsep dihajar ninja 250..cukup matic, bebek, sport naked150cc..g kebayang dah kl cbsf di fairingin+bentuk buritannya ky pic diatas..laku blm tentu, di bully udh pasti..

  4. bener jg bwt ahm, ngapain ngurusin kue yg kcil yaa, salah-salah nanti kue yg besar jdi gk keurus (bebek+metik), mgkin dsaat nnti kmi udh trasa ngeganggu, baru deh ahm brtindak tegas imho hehehe

      • slain itu, ahm mgkin masih punya rasa berbagi, krn udh ngsih KMI bwt bernafas dlu qiqiqi

    • bisa jdi mas broh, coz gak mgknlah scra strategy membabi buta kya kompetitor lakukan, krn yg ane thu dri strategy ahm gak akan isa cm 1 or 2 thun utk dilakukan, yg dilakukan ahm skrg adalah planing yg udah fix yaitu pondasi dri bawah yg akan smpai jg ke atas so bebek udah, metik udah, sport komuter 150 bru beranjak, nah mgkn stlh 150cc dimarih udah jd raja mgkn baru 250cc yg dibidik utk perang strategy beneran…so wait n see aj kira2 kedepan bakalan kya gmn coz klo berkaca dri strategy metik honda yg jd taruhan besar image ahm adlah next tiger/ cb250 nantinya

  5. masuk akal, modal motor 250cc impor, dipasang di harga tinggi. bukan masalah mau dihujat dan dicibir, toh petinggi marketing honda (mungkin) berpikir kalo di 250cc lah mereka memasang motor flagship. Artinya flagship? cuma segelintir orang yang mau beli demi mencari eksklusifitas, laku oke, kalo nggak laku, balik lagi ke awal, itu kan flagship, bukan buat dijual massal. Kalo mau meraih keuntungan mereka merasa main di cc bawah sudah cukup (bukan cukup lagi, terbukti marketshare dari semua produknya, honda memang berada di puncak), toh balik ke dasar dari semua perusahaan, ujung ujungnya keuntungan, mau ada persaingan, mau enggak, yang penting untung kan?

    • enggak juga kalo overprice, kualitas built up dgn harga 48juta non ABS msh wajar
      yg mahal tu yg 150, tu asli kemahalan

  6. kayaknya honda aka ahm lbh fokus ke kelas 200cc ke bwah.. apalagi mempertahankan lbh susah drpd merebut..

    • Aduhhh masa sihhh…. (muka memerah – gimana bisa merah wong kulit item gini wkakakaka). Makasih kalau sering mampir.

      Soal moge … wah sebenernya banyak yang lebih cihuy…Om Leo misalnya, saya hanya mencoba membagi pengalamannya seperti apa yang saya rasain.

      Btw pertama kalinya komen ya? soalnya kena moderasi hehehe

      • duyu saya suka berkunjung ke blog raza mazapahit, tafi sejak ketahuan tidak berimbang dalam menyajika informasi, saya sudah nggak berkunjung hampir 6 bulan-lebih.

        terus independen KBY

  7. Bukannya rival tapi belum jadi rival….semata2 karena pasar motor sports baru kedengaran rame2 di media saja bukan di aktual penjualan…..nanti kalau pasar motor sports sudah 70-30% perbandingannya baru honda ikutan geber….:-)

  8. Lhaaa Ninja250 Mono itu kan dibikin sebagai tandingan CBR250, bukan? Emang udah kadung salah strategi di sport premium … Gak usah pake ngeles !!!

    • mgkn jg gt mas broh, 2014 kill yamaha it yg udah msuk daftar adalah 200cc kebawah, yg 250 msih thailand punya otoritas kayaknya yg notabene thailand look utk otomotif dimarih…

  9. kalo di lihat-lihat modus2 ahm sebelumnya, halah pasti ntar muncul versi downgrade cbr250, seperti cb150sf. cuma porsinya ga segurih 150, mungkin masih konsen di 150 atau 200 malahan, hihihihihi

  10. omm…ikutan nimbrung jajakpendapat… hehehe.*kayak mau pemilu aja nih kita. kalo ane bilang sih omm yah, kawak sebenernya cuman mau memperkuat brand 250 cc mereka deh, secara, brand awareness masyarakat ttg seport 250cc kawasaki udah kuat banget, terus, masyarakat juga sudah memiliki image kalau kawasaki identik dengan motor kentjang, naahh… dengan mulai masuknya yamaha dengan yzf-r250, mungkin kawasaki ingin mengamankan market 250 cc mereka dengan memberikan lebih banyak pilihan untuk masyarakat (diferensiasi produk). kalau mau di tambahkan, dengan memberikan produk motor 250 cc low budget untuk masyarakat bisa sekalian “nabok” 250 cc pabrikan lain, yaa itu merupakan value lebih buat kawasaki… sementara, sesuai dengan oom bilang diatas, A*M tidak akan langsung mengkaunter dengan mengeluarkan motor tandingan, karena sesuai dengan strategi mereka, mereka lebih memberikan value lebih untuk motor low budget mereka, yang kalau ane gadang gadang merupakan versi lokal dr cbr250…
    btw, ini hanya lamunan belaka dari bilik tercinta ane oom.. sambil menikmati lamunan liar ane… hahahahahha

Yuk Tinggalin Jejak Lads..