CBR

Vaya Con Bios My Darling … MV Agusta Brutale 1090R

DSC_0656

3 hari sudah KBY melewatkan hari bersama Monster bernama MV Agusta Brutale 1090R, bagaimana kesan dan opini KBY?

KBY – Arti judul di atas adalah Arriverdci alias Sayonara atau Farewell dimana dalam bahasa Sunda artinya Pileuleuyan… aka Selamat Tinggal … Terima kasih Brutale 1090R telah menemani KBY selama tiga hari.

Sungguh aneh, nyali dan skill riding buat KBY bertambah cukup signifikan, karena saat kembali menunggangi Z250 milik om Kries J-Bikers Minggu malam lalu, KBY berani gas pol sampai limiter di lalu lintas yang relatif cukup padat. Malah merasa 250 cc 2 silinder jadi tidak ada apa-apanya hehehe. Gawat.. gawaattt

Lupakan, paragrap di atas hanya intermezzo saja, ga usah dibahas hehe. Kita konsen ke Brutale 1090R aja, bagaimana opini KBY tentang sosok eksotis dari F4 naked version ini:

Desain
Tak pelak, nyaris apapun merknya kalau Italia punya selalu ada sentuhan seni dibalik desainnya, walau seni tersebut tidak harus selalu bagus di mata setiap orang karena bisa saja beda sudut pandang. Buat KBY dari setang ke belakang no complain, hanya bentuk headlamp teardrop aja yang gak kena di hati.

Setiap lekuk tubuhnya tidak ada yang "percuma"
Setiap lekuk tubuhnya tidak ada yang “percuma”
Desain lampu yang sangat cantik
Desain lampu yang sangat cantik
Apalagi saat remnya menyala
Apalagi saat remnya menyala

DSC_0672

Signature Brutale
Signature Brutale

Ergonomi
Sangat baik, lebih baik dari Kawasaki Z250 milik KBY yang sudah awarahum dan Honda VFR yang sempat KBY tes, namun menyerupai adiknya si Brutale 675. Walau setang agak sedikit ke depan tapi tidak bikin pegal. Throttle gas pun cukup ringan, lebih ringan dari Z250, padahal sama-sama belum DBW.

Jarak pijak yang tinggi tidak menyulitkan KBY dalam menapak, pada saat saat tertentu KBY berani turun satu kaki seperti menaiki Motocross/ supermoto. Itu karena bodinya yang cukup ringan untuk badan yang masuk kategori bongsor, chasisnya pun well balance. Pun begitu saat sudah berjalan, zig zag selap selip tidak menyulitkan, pada kecepatan tinggi juga stabil.

image

image

Performa
Sepertinya untuk kelas 650cc ke atas tidak perlu dipertanyakan ya, semua rata rata powerful, yang membedakan hanya karakternya saja. Brutale 1090 cukup halus dijalankan pada kecepatan rendah sampai sedang, namun hati hati dengan gasnya lads, karena dia siap terbang sejak RPM bawah.

Tenaga: 142 HP@10300 RPM

Torsi: 112 Nm@8100 RPM

Top Speed Klaim: 265 km/ jam

Berat: 183 kg

Seat Height: 825 mm pada settingan shock terendah

Ground Clearance: 140 mm

Ban Depan-Belakang: 120/70/17 – 190/55/17

Fitur dan Kenyamanan
Fiturnya malah tidak selengkap adiknya, F3 dan Brutale 675. Tidak ada mapping banyak, hanya tersedia sport yang siap menerbangkan lads sekalian dalam satu kejapan mata. Gear position ada, penunjuk suhu mesin, RPM, speedo, informasi waktu servis, odometer,
Sayang… Pendar warna biru mengaburkan warna hitam LCDnya, sehingga menyulitkan untuk melihat info yang ada di speedometer. PR nih kalau kata KBY buat MVA.

Suspensi USD Marzocchi didepan dan Sachs progressive preload adjustment dibelakang cukup membuai, moderate bantingannya, stabil saat menikung dan kecepatan tinggi. Putaran gasnya walau belum DBW tapi cukup enteng dan tidak membuat lengan kanan cepat lelah. Yang nyeri justru ruas jari tangan kiri apalagi di kemacetan, kerasnya minta maaf.

Wow Effect
Dengan desain seperti itu, sulit bagi orang orang untuk tidak terkesima, paling tidak membuat untuk bertanya dan setelah tau mereknya, akan betah melihat-lihat secara detail dari lekuk lekuk Brutale.

image

image

Harga
Adakah suatu karya seni atau barang eksotis yang murah? Mimpi hehhehe. Tidak murah dan sulit bagi KBY untuk mengatakan Brutale 1090 seharga Rp. 425 juta ini overpriced. Ada hal hal yang sulit masuk nalar sehingga harganya menjadi tinggi. Nama, sejarah, komponen, desain, teknologi bisa membuat suatu barang pantas dihargai tinggi sebagaimana MV Agusta. Satu hal yang pasti, lads akan merasa sangat sangat spesial berada di atasnya… 🙂

Sekilas pandang: Harga OTR 435 juta. Tersedia tipe 1090R, 1090RR, 1090 RR Corse dengan rentang harga 425 s/d 545 juta. Selain Brutale 1090 , Moto Arte menyediakan Brutale 675, Brutale 800, F3, F4, F4R, F4RR, Rivale dan Dragster 800. Bisa di dapatkan di Moto Arte Indonesia Jl. Sultan Iskandar Muda No. 168 Telp 021 726 5889 dengan Mas Inggar atau Rio.

Bye bye Brutale 1090R… Terima kasih atas pengalaman yang tak terlupakan… Special Thanks to: Mase Yahya, Om Stephen dan Moto Arte Indonesia Team..

image

image

Link Video:

link HP

About Kobayogas 3428 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

95 Comments

  1. fork depannya pake marjuki ga jauh beda ama sepeda gw, pede nih kalo ketemu brutale di lamer 😎

  2. mongtor mahal berkonde y? tp ga da yg mencaci,tp mtr honda dicaci maki fby,apa krn murah???
    hahhahaha…..
    tuh stop lamp kl nyala jg kyk syeempaakk….

    piss

    :mrgreen:

  3. Motor sempet di tes kemana aja bang? Gampang overheat nga? Temen ada yg punya f4 senna…jalan dr rumah dia di cengkareng ke tempat ane di sudirman park aja kudu beberapa kali stop gara2 overheat

    • Dari rumah duren sawit ke pancoran, kena macet di pS gembrong gak smp overheat. F4 bisa jadi lebih panas karena pake fairing… Jamin panas pisan lah hehehe…

  4. foto paling atas,,, olinya bocor ya om???
    padahal masih baruuu…

    wkwkwkwkwk
    peace!!!

    Vm,

  5. No komen lah buat Brutale, dah pasti Juozzz… Tinggal nunggu review made in Italy satunya nih yg belum kesentuh, Benelli….

  6. cuman bisa mimpi mliki motor ni 😀
    Namanya aja dah brutal harganya ikut brutal xixixi…. Motor ga ada rangkanya.smuanya mesin 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Test Ride: My First 15,5KM With CBR 250R 2011 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Yuk Tinggalin Jejak Lads..