Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Kasus CB150SF…Tidak Recall Atau Silent Recall? 08/02/2014

Posted by Kobayogas in Artikel ringan, Diskusi, Opini, Sharing.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

CBFairing

KBY - Akhirnya, kasak kusuk seputar tindakan pabrikan atas beberapa kasus yang dialami oleh Honda CB150 Street Fire terkuak juga, sudah ada konfirmasi dan kabar yang diberikan dari pihak pabrikan.
Kabar tersebut diinfokan kepada salah dua (bukan salah satu :D) blogger kawakan tanah air. Disebutkan di artikel tersebut antara lain:

  • Adalah Benar Astra Honda motor sedang melakukan kampanye pengecekan Gratis terhadap Part dari CB150R

  • Kampanye pengecekan ini dilakukan atas hasil analisa internal AHM berdasarkan laporan dari Konsumen sendiri

  • menurut AHM Pengecekan dilakukan sebagai bukti bahwa AHM sangat konsern akan kualitas produknya demi kenyamanan dan Keselamatan Konsumen yang menjadi prioritas mereka

  • Part Yang menjadi Objek Utama Pengecekan adalah Swing Arm dari CB150R SF

  • Tidak semua CB150R menjadi Objek pengecekan Swing arm ini, AHM tidak mengatakan berapa jumlahnya, cuma AHM bilang hanya sebagian hanya sebagian kecil dan sudah di identifikasi plus dilokalisasi oleh AHM

  • Kampanye ini hanya ditujukan kepada CB150R yang sudah terdistribusi ke Konsumen, sedangkan Untuk CB150R unit baru yang ada di dealer dikonfirmasi aman tidak termasuk Objek kampanye

  • Sebagian Kecil Konsumen CB150R yang menjadi Objek kampanye pengecekan ini akan dihubungi langsung oleh jaringan AHM ( jaringan dealer/AHASS ) dan hanya Konsumen yang dihubungilah yang akan di cek. AHM akan berusaha semaksimal mungkin bahwa tidak ada konsumen yang masuk list yang tidak diperiksa motornya.

  • AHM menegaskan Bahwa Kampanye pengecekan ini adalah suatu tindakan Prefentif (pencegahan) dan Bukan sebagai Tindakan Kuratif (pengobatan) terhadap Masalah yang terjadi di Produknya yakni CB150R SF

  • AHM menegaskan bahwa dengan pemakaian yang normal, Semua Produk CB150R baik yang ditengarai masuk dalam List Kampanye pengecekan maupun yang tidak, sudah memenuhi standar keamanan produk, jadi Semua CB150R aman digunakan.

Dari artikel yang satu lagi…

Berdasarkan laporan yang masuk dari konsumen adanya pemasangan swing arm  yang nggak bener…..kita segera tanggap untuk selidiki. Kita ambil komponen dan analisa. Kita juga sudah sosialisasikan kepada main dealer dan jaringan untuk mengundang customer kita via telp atau surat untuk dicek. Jadi sifatnya ini hanya preventif. Keterbukaan antara Honda-Konsumen sangat penting. Dan kita sadar betul serta sudah tahu bahwa surat ini akan beredar. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi. Sekali lagi…konsumen tidak usah kuatir. Silahkan menunggu undangan dan kita jamin keamanan kendaraannya..” ujarnya memberi pencerahan….

Definisi (Product) Recall dari Wikipedia

A product recall is a request to return to the maker a batch or an entire production run of a product, usually due to the discovery of safety issues or a product defect.

The recall is an effort to limit liability for corporate negligence (which can cause costly legal penalties) and to improve or avoid damage to publicity. Recalls are costly to a company because they often entail replacing the recalled product or paying for damage caused by use, although possibly less costly than consequential costs caused by damage to brand name and reduced trust in the manufacturer.

Secara singkat, product recall adalah pengembalian kembali (barang) kepada produsen pembuat dikarenakan adanya temuan sehubungan dengan isu keselamatan atau cacat produk. Jika diluar negeri , Recall adalah suatu usaha membatasi tanggung jawab atas kecerobohan suatu produsen (yang dapat mengakibatkan penalty hukum – yang biasanya sangat mahal biayanya) dan untuk meningkatkan/ memperbaiki atau mencegah kerusakan kepada publik atau khalayak.

Walaupun biaya recall tidaklah sedikit (karena mungkin harus mengganti parts yang disinyalir mengalami kerusakan/ cacat), namun di luar negeri biayanya dikeluarkan oleh produsen dipertimbangkan jauh lebih masuk akal dibanding efek kerugian akan nama merek yang akan menjadi buruk di mata konsumen sehingga tidak mendapat lagi kepercayaan dari konsumen.

So, KBY out of opinion bahwa apapun yang sudah dilakukan produsen terhadap judul di atas – yang berkonsentrasi terhadap parts swing arm, sangat layak mendapat apresiasi karena itu merupakan salah satu bukti nyata tanggung jawab kepada konsumen. Pertimbangan silent recall dengan memanggil atau mengundang segelintir konsumen (yang mungkin secara acak dilakukan) adalah murni hak produsen, karena bisa saja tim evaluasi milik produsen hanya menemukan segelintir kasus saja dari sekian ratus ribu yang sudah diedarkan. Nyoss lah…

Nyossss

Nyossss

Mangga digeber … Thanks for reading and sharing lads..

KobaYogas from WordPress for Android

Komentar»

1. 4G92Mivec - 08/02/2014
2. paijo - 08/02/2014

Wowww

Suka

3. ari - 08/02/2014
4. abgtua - 08/02/2014

kalo ane liatnya kayak service campaign
yang lagi servis di ahass yang di cekin. masalah ganti baru
btw dulu suzuki spin ganti pelek sama as roda kayaknya ga sepanas cb150 deh -__-
old vixi juga

Suka

winda - 09/02/2014

karena fans buta merek sebelah sengaja me war war kan.maklum sang raja penjualan sport gak rela begitu saja diambil alih posisinya

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

😱

Suka

5. genbuz - 08/02/2014

masih malu2 rupanya…

Suka

6. potretbikers - 08/02/2014
7. Farhat abbas - 08/02/2014

Panas ginih ya kang ini warung . . . .bau-bau asep nih

Suka

8. Farhat abbas - 08/02/2014

salam Recall

Suka

9. Dede - 08/02/2014

Ah gaya marketing itu ,,,,,pdhl ya recall…karna ada unsur pemanggilan suatu produk untuk diperbaiki….

Suka

10. aripitstop - 08/02/2014

recall barangkali

Suka

11. RPMspeed - 08/02/2014
12. gasik - 08/02/2014

ngak di panggil secara acak lah mas, tiap produksi pasti ada no serinya dan produksi tanggal berapa bulan apa tahun berapa yang diduga penyimpangan bisa ditelusuri kok, tetapi harusnya ATPM memberi tahu untuk nomer mesin atau no rangka sekian sampai sekian, sehingga yang lain akan merasa nyaman kalau nunggu pangilankan kita ngak tau kita masuk dalam list pangilan ngak sih sehingga konsumen menjadi kurang nyaman

Suka

13. r6stunt - 08/02/2014

mau silent,,,mw getar,,,,mw dering,,,,,recall y recall,,,,
berbuat baik npa malu sih??atau jangan2 takut ketauan klo “baik”nya gak tulus???

Suka

14. DAF - 08/02/2014

silent campaign bro…bahasa kasarnya recall..dimobil kan sering jg tu…tp kan g diekspos media

Suka

15. subaru - 08/02/2014

ngeles…

Suka

16. Iyan Dm - 08/02/2014

Salah 2 yg betulnya berapa om.?

wk wk wk wk

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

8 dong kan totalnya 10… ngahahaha

Suka

17. sarindil - 08/02/2014

+++++++++++++++

untungnya tetangga ane beli verza..
model jelas cakep verza drpd cbsf….
jelas irit verza….
performa jg 11-12

+++++++++++++++

Suka

18. kuclux - 08/02/2014

AHM menegaskan bahwa dengan pemakaian yang normal, Semua Produk CB150R baik yang ditengarai masuk dalam List Kampanye pengecekan maupun yang tidak, sudah memenuhi standar keamanan produk, jadi Semua CB150R aman digunakan.
=====================
sdh memenuhi standar keamanan kok msh dicek lg. Pasti ada sesuatu, pembohongan publik

Suka

19. nivikoko - 08/02/2014

setahuku itu tetep namanya recall om bay… ane yang notabene jaid kuli pabrik di bagian QC juga akan melakukan recall apabila food and beverage yang doi release kepasar dapat membahayakan konsumen ( terdapat kontaminasi bakteri patogen dan kandungan kimia more than SNI). sama seperti kasus CBSF yang khusun swing arm patah.

http://nivikoko.wordpress.com/2014/02/08/awasss-aplikasi-under-cowl-di-nvl-terlalu-pendek-bisa-bunyi-gubrak-dan-pecah-gan/

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

Sepaham hehehe…

Suka

nivikoko - 08/02/2014

kalo ane recall pasti ganti baru.. walaupun dalam satu box sampel yang terindikasi bakteri patogen atau cemaran kimia out std. seluruh barang produksi tanggal tersebut di tarik dari pasar + ganti baru. efeknya malah market jadi percaya pada produsen (brand image) nggak perlu ngiklan yang mahal. wkwkwk :D

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

Nahhhh…

Suka

20. Darpani Matic - 08/02/2014

Sebaiknya kwalitas nya jaga uji kekuaatan di tes kenyamanan dikendarai sebab jalanan kita berpolisi tidur, dan banyak berlubang, makanya kedepan Tes Drive motor baru harus ada polisi tidur dan jalan yang menanjak jangan tes di tempat yang terbatas.

Suka

21. RC7 - 08/02/2014

kyk dlu d piksen kluaran blan september-oktober 2007(klo tdk salah) jg bermasalah d bagian kopling
tmen klub ane dpet ganti 1 mesin utuh oleh yamaha..prosesnya jg gk lma..sminggu dh kelar

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

Wohh josssss….
Speedo dan lampu berembun juga lsg ganti utuh baru sama kawasaki.

Suka

22. bikerkampung86 - 08/02/2014
23. jofrin - 08/02/2014

Hehehe heran bener lhooo soal kayak gini jd heboh kalo di kalangan fansboy..coba dech dilihat ke belakang pabrikan motor mana yg pernah recall terang2an di Indonesia….pasang pengumunan di koran lagi :)

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

There’s always a first time for everything, cuma tdk ada yang mau memulai aja hehehehe…

Suka

24. petirabang - 08/02/2014

Kalo di luar blak kotang alias terus terang, kalo dimari malu2 kucing, hahaha….. Tindakan bagus kok malu, py toh??

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

Karena …. nanti bikin aaahhh artikelnya hehehe

Suka

25. slamet moelyo redjo - 08/02/2014

mas mika lampu leleh koq gak di cek juga ya ? padahal bnyak loh nyang kena…

Suka

Kobayogas - 08/02/2014

Mungkin termasuk paket yang dicek, mungkin hehehe

Suka

26. old blade - 08/02/2014

ane malah baru tesride cbsf :lol: agresif mas bro :D pantes aja banyak rider cbsf yg kebut kebutan :D

Suka

27. nivikoko - 08/02/2014
28. smartfaiz - 09/02/2014

pasang shock stereo aja dah :-)

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

Wakakaka

Suka

29. athar - 09/02/2014

bisa aja sebagian recall. kalo dia bisa memastikan. kan ada lot produksi. kecuali kalo masalah design beda lg mas. mungkin std nya beda dg produk makanan.

Suka

30. denzjupz - 09/02/2014

Buat yg masalah mika leleh tp gk ditanggepin gara2 alasan kecerobohan konsumen bisa class action kang? kyknya ud lebih dari 50 kasus.

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

Bisa jadi kecerobohan konsumen, akibat tidak membaca buku manual… Bisa saja (mungkin) di buku manual sudah disebutkan, penggantian watt bohlam tidak dianjurkan lebih tinggi dari standar karena bla bla bla….

Suka

31. Pojok Opini: Mengapa Kata RECALL Menjadi Momok Menakutkan Di Indonesia? | KobaYogas.com| Your Automotive Blog - 09/02/2014

[…] mengetahui arti atau definisi dari RECALL maka silakan dilanjut, kalau belum, silakan boleh di klik artikel ini, biar nyambung nanti diskusinya hehehe….Yukkk dilanjut diskusi ringannya, nah jadi kenapa […]

Suka

32. nivikoko - 09/02/2014
33. pugman - 09/02/2014

Apa yg mau diapresiasi kang? Justru sy apresiasi kl mau terang2an blg recall. Sesuai arti recall yg dijelasin diatas, recall dilakukan untuk mencegah kerugian yg lbh besar. Dulu2 ga heboh krn awareness konsumen blm terbentuk. Skr konsumen makin kritis mkny isu ky gni cpt jd hits. Ky kawasaki yg recall ninja250 karbu it sy apresiasi krn konsumen tau apakah produk mrka masuk recall atau ga? Dan it jg tidak se major di cbsf.

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

Apresiasi daripada diem saja… gitu maksudnya. Sabodo teuing gitu.

Suka

34. pugman - 09/02/2014

Ga usah sibandingin sm kompetitor, sm2 produk honda.. Antara HPM dan AHM sj sdh beda awareness-nya soal after sales product. Sy lbh appreciated ke HPM

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

Beda management juga :)

Suka

35. Salam 6 Detik - 09/02/2014

Sma ja namany recall, salam recall

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

Salam manis… wkkwkwkw

Suka

36. Bonn Djoovy CBSF - 09/02/2014

absen aja ahh

Suka

37. Dide Irvin - 09/02/2014

bukti tanggung jawab
tapi juga bukti kalo QC AHM buruk, sudah keseringan soalnya :D

Suka

38. Wong Ndeso 94 - 09/02/2014
39. thedeadbone - 09/02/2014

apabila sampai blowup ke media masa ato tabloid r2 nama ahm akan terancam kalo istilah e “recall”

jadi pake istilah “kampanye” yg tahun ini juga bakal banyak kampanye

“kok dicek knp pak?”

“ini biar aman”

“jd diganti gratis pak”

“iya”

“berarti selama ini saya pakai gak aman pak”

“iya maap khilaf”

“gpp pak,motor itu ya honda”

“one heart ya pak”

#mencoba menjadi FBY gara” marwoto

kabbooooorrr kebakaran kebakaran

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

#terkikik :D

Suka

40. thedeadbone - 09/02/2014

harap” cemas d pengguna cb150R

ati” kalo dpt telp dari cwek suara merdu
itu bukan telp fans lho

hihihih

malah kaya pengumuman UAN ane dolo kalo yg ditelp dari sekolah itu ga lulus

“halo selamat pagi”

“pagi”

“ini pengguna motor tantang nyalimu”

“iya”

“paswordnya”

“wan hat wan hat wan hat”

“selamat anda dpt undangan kedealer kami”

“ciyusss”

“program apa”

“kampanye”

“ada hadiah?”

“service gratis”

“oke siap”

cerita fiktif belaka

Suka

Kobayogas - 09/02/2014

hahahahahha… kocak banget sih lo om….

Suka

41. Nobita - 09/02/2014

recall itu bagus… pasti…

yang jadi masalah adalah apa yang ada dibalik itu…
produsen mengambil keuntungan double dari konsumen yang dijadikan kelinci percobaan..

Suka

42. Ferboes Richardson - 09/02/2014
43. hulssay - 10/02/2014
44. cahyadip - 10/02/2014

Istilah recall belum umum, yg sdh terbiasa “call me” wk wkkk

Suka


Orang Bijak Tinggalkan Jejak...Diskusi Sehat Pasti Mengasyikkan :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bukanrastaman

Not lost just undiscovered

Lucy Wiryono

renew your minds

TraktorDOHC's Blog

An Automotive Blog | Riding | And Other

Sing Indo

Automotive, Sport, Travel, Photography, Food & Health (Available in various languages. Please refer to the translator widget)

Ardiantoyugo

Night Riding | Motorcycle | Travelling | Product Review | Tips and Trik | The Story of My Life...

Potret Bikers.com

Segala sesuatu tentang Otomotif, Photography, gadget, kuliner, dan tempat wisata.

The Green Blog

Automotive, Sport, Travel, Photography, Food & Health (Available in various languages​​. Please refer to the translator widget)

Blogs Of The Day

Just another WordPress.com weblog

78deka

Opini tentang dunia otomotif, motor, kehidupan dari manusia yang terus belajar

motorrio

Riding is my life

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 3.821 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: