CBR

Pojok Test: Video Top Speed (Sementara) Honda Scoopy FI… Nyaris 100k/jam

image

KBY – Hari ini (23 Januari 2014) ketika pulang kantor, entah kenapa ingin sekali menyimpan HP pada dudukan capdase yang sekarang nempel di Scoopy FI milik nyonya. Kebetulan cuaca cerah tidak ada hujan, jalananpun bersih dari basah-basah. Sekaligus ingin tahu kalau-kalau bisa dapat top speed yang terekam kamera.

Biasanya sih sekencang-kencangnya pada trek yang sama, suka dapat sekitar 97-98 km/jam, pakai kira-kira soalnya kan bukan digital hehe. Nahhh sore ini kebetulan pada trek yang sering KBY lalui dan tidak jarang dapat top speed sedang agak lengang. Yang sudah-sudah, dalam mencapai 80 km/jam diraih cukup cepat, dari 80 km/jam ke 100 km/jam dicapai cukup lama dan membutuhkan trek yang cukup panjang.

Sebenarnya ada dua jalan yang bisa dilalui dengan full throttle, namun yang paling representative menurut KBY trek pertama, karena lurus, sedangkan yang kedua ada tanjakan dan kemudian turunan. Langsung saja deh, cekidot screenshotnya.

Pada pict 1 (jalan lurus).
image

Karena kameranya agak miring, jadi ada faktor penyimpangan sekitar 2-3 km/jam. Bisa dilihat angka pada speedo ada di sekitar 97-98 km/jam. Lumayan ya. Sayang pada saat trek lurus yang sepi habis, langsung banyak kendaraan, padahal cuaca/ udara dingin, tarikan bisa lebih enak. Sepertinya 100-103 bisa didapat.

Pada pict 2 (turunan)
image

Nah ini didapat lebih kencang lagi, sekitar 102-103 km/jam. Maklum turunan, bisa lebih kalau KBY berani late braking hehehe…

Spek Scoopy FI tidak ada oprekan, hanya memasang 9Power Plug n Go di kabel busi (which is kayaknya gak ngaruh signifikan). Ban belakang sudah diganti Michelin M45 ukuran 110/80/14. Bensin campur, setiap jarum bensin setengah diisi full tank bergantian antara Premium dan Pertamax.

Tes ini dilakukan dengan sepenuhnya sadar, tanpa paksaan :D, helm, jaket dan sepatu lengkap. Kamera dari HP Nexus 4 cupu jadi maaf kalau agak-agak buram.

Disclaimer: adegan ini dilakukan oleh profesional di jalan yang aman, jangan meniru adegan ini 😀

Cekidot youtube-nya lads…

And.. Thanks for reading, mangga digeber. Bonusnya ini aja deh 😀
image

About Kobayogas 3307 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

78 Comments

  1. Nguahahahah..pwmerkosaan d ats 100 mah namanya..
    Igt wkt sy test topsepit vario iss di 115 larinya dah kya odong2..naik turun2 ketiup angin.. x_x

  2. kabel spidometer motor gw mokat kmaren..di thamrin dari bunderan HI sampe sarinah angka spido tercatat 120 kurang dikit..sepersekian detik kemudian langsung balik ke nol tuh jarumnya dan gak mau gerak juga sampe hari ini..enak tuh ler jalannya..alus dan sepi kalo pagi jam 7 kurang..kapan2 gw videoin dah kalo dah sembuh spidometernya

  3. kalau merk sebelah,itu kecepatan minimum loh…
    kan sdh pakai teknologi motoGT…

    kwek kwek kwek

  4. klo naek matic 90 kpj ane mulai ciut nyali+sdh tdk nyaman boss. Mikirnya masalah pengereman+diameter velg..di kecepatan tsb, rasanya pengereman lbh panjang. Aplg klo urusannya sana rem mendadak..hadeeww..

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pojok Tes: Akselerasi 0-60km/jam Scoopy FI 2013.. 7 Atau 8 Detik? | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  2. Pojok Sharing: Honda Scoopy FI Ganti Aki… | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  3. Selamat Ulang Tahun Scoopy FI – 14 Maret 2013 – 14 Maret 2014 | KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Yuk Tinggalin Jejak Lads..