CBR

Pojok Info: Wow Lexus Punya Sepeda Juga Ternyata

Tokyo – Merek Lexus dikenal sebagai produsen mobil premium. Namun keahlian mereka dalam membangun sepeda juga tak kalah sophisticated ketimbang saat membuat mobil sekelas LX570. Hal ini terbukti saat Lexus memamerkan sepeda NXB Concept di Tokyo Motor Show 2013 pekan lalu.Yup, NXB yang merupakan kepanjangan dari Neo Extreme Bike ini benar-benar sepeda kayuh, bukan sepeda motor atau listrik ya. Hebohnya, sepeda ini punya spesifikasi layaknya sepeda motor.

Tapi jangan salah! NXB memiliki sederet kecanggihan yang diwariskan dari pendahulunya, yakni sepeda jalanan F Sport. Dan seperti diketahui, F Sport sendiri diproduksi dari bekas cetakan yang sama dengan supercar Lexus LFA yang telah stop produksi.

Salah satu kecanggihan yang tertanam dari sasis NXB adalah aplikasi bahan carbon fiber reinforced polymer (CFRP). Bahan yang sama dengan sasis dan bodi Lexus LFA. Keunggulannya bukan hanya kuat, tapi juga ultra ringan!

Namun berbeda dengan F Sport yang bergenre road bikem NXB lebih menonjolkan desain sebagai sepeda gunung. Terlihat dari desain setang yang mirip tunggangan atlet triathlon. Dan tak ketinggalan suspensi depan up side down dari KYB.

Ada pula rem cakram hidrolik Magura dan drivetrain SRAM XX1. Sementara peleknya mengandalkan XeNTiS Kappa2 CC carbon fiber yang dipesan khusus spek Lexus. Uniknya bagian ban, justru memakai merek yang familiar di Indonesia, yakni ban IRC tubeless, yang lagi-lagi dipesan khusus oleh Lexus.

Komentar KBY:
Ternyata Lexus mengikuti jejak para pembuat mobil premium lainnya seperti BMW, Mercedes, Porsche dll yang mempunyai atau membuat sepeda juga. Jika benar bannya IRC, berarti kita patut berbangga karena setau KBY, IRC itu salah satu merek lain dari Gajah Tunggal…
Yang jelas secara keseluruhan, ini sepeda bakalan lebih mahal dari ER6N kayaknya hehehe
Thanks for reading lads, mangga digeberrrr…
Mari Bersepeda Kang...
Mari Bersepeda Kang…
About Kobayogas 3307 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

39 Comments

  1. kenapa ya pabrikan otomotif bikin prototype sepeda pancal ? Pabrikan otomotif kondang pernah kerjasama dgn Campagnolo, Specialized dll. Berkaitankan dgn isu lingkungan ?

Yuk Tinggalin Jejak Lads..