CBR

Short Muffler Full Set For Kawasaki Z250 by Stanlee

image

Halow lads,
KBY mau sharing seputar barang baru yang nemplok di Shiro pada 3 hari terakhir ini. Knalpot pendek full system ala real street fighter KBY pesan di produsen knalpot lokal yang sudah cukup ternama di kalangan bikers, salah satu pelanggannya adalah om Yan Smarfaiz, blogger kondang next door hehe…simak ulasannya lads…

Berangkat dari keinginan KBY untuk merubah karakter mesin tunggangan KBY nan cupu, Kawasaki Z250, yang dirasa kurang pas dengan genrenya yang naked bike/ street fighter. Ada beberapa cara, seperti mengganti knalpot full system dengan perhitungan diameter pipa matematis dan pemasangan piggy back untuk dapat mengail tenaga secara instant.

Masukan dari om Leopold akan karakter power dan torsi street fighter yang seharusnya di dapat di RPM awal terus teringang ingang dan terekam di kepala. Hese sare lur…! Sesuai bujet yang dimiliki, KBY mantapkan untuk memilih cara dengan mengganti knalpot ala full system.

Sempat juga minta masukan dari kakak kelas, om Motogokil akan besaran pipa knalpot sesuai dengan perhitungan teorinya. Namun setelah berdiskusi dengan om Bewok dari Stanlee, ukuran pipa yang diberikan KBY dirasa terlalu besar jika dipakai harian, bisa ngempos jika di trek stop n go.

Memang, dari sananya, karakter power dan torsi Z250, sama plek plek dengan saudara kembarnya, Ninja 250 FI, galak di kitiran atas, dan agak lambat di RPM bawah. Padahal sedjatinya, motor bergenre street fighter harusnya ‘jago’ di dalam kota, singkatnya, bleyer dikit crot eh joss…

Atas pemikiran tersebut, dan manut ae dengan masukan sang ahli knalpot dimana om Bewok sendiri mengamini bahwa salah satu trik mengakali power dan torsi agar didapat pada RPM bawah adalah dengan perhitungan tepat di bagian header, dengan prinsip megaphone seperti om Motogokil bilang (membesar ke belakang) plus, muffler yang pendek alias cukup sampai tengah saja, ala ER6 dan sejenisnya.

Hitungan pipa tidak jadi masalah buat Om Bewok dari Stanlee, yang jadi masalah justru bentuk mufflernya sendiri. KBY ingin terlihat simple, sekaligus gagah dan gahar. Hasil browsing menuntun KBY ke bentuk muffler milik Termignoni, terlihat simple tapi gahar hehe.
image

Berbekal gambar itulah KBY mengirimkan desain tersebut ke om Bewok…”gampang mas itu mah,” jawabnya. Josss lah. Proses pembuatan disebutkan selesai dalam 3 hari. Jumat tanggal 13/12/13 pesan dan kasih DP, senin 16/12/13 dah selesai, tapi KBY pilih hari Selasa pagi untuk memasang.

Singkat cerita KBY sampai di lokasi setelah sempat putus asa karena tempatnya gak nemu nemu, padahal kelewatan beberapa kali, mana gerimis pulak bahhh…untung ada om Cries dari J-Bikers yang jemput, karena rumahnya memang gak jauh jauh dari lokasi bengkel Stanlee berada.

Ternyata, KBY harus menunggu sampai jam 2 siang hingga semua terpasang, gak sabar deh rasanya. Karena semua harus terpasang presisi, dan adanya motor KBY di lokasi, sangat membantu para mekanik mengukur semuanya, jangan sampai ada pipa yang menempel ke fairing, bisa lumer nanti hehe.

Cekidot foto foto prosesnya lads…

image

image

Awalnya KBY ditawari warna mufflernya ingin seperti di foto atau chrome (kinclong), melihat sosok warna dof gitu kok kurang sreg, kayak yg belum jadi dan gak sebagus di foto hehe. Jadi diputuskan chrome aja deh.

image

image

image

image

image

image

image

image

Foto foto saat sudah terpasang

image

image

image

image

image

image

Bagus gak? Bagus gak? Hhehehe… Suaranya? Wis lah pokoknya cocok banget ma KBY, lebih gurih dan garing, malah saat teriak di RPM tinggi sekilas seperti knalpot 2 tak namun dengan nada yang jauh lebih berat. Video sudah di rekam, tinggal upload ke you tube aja neh.

Suara dari Youtube:

Gimana performanya? Buat KBY sih masuk kategori joss lah, sesuai target dan ekpektasi, torsi dan tenaga di dapat di RPM rendah/awal, bahkan di gigi 2 pun tenaga masih mau ngisi tanpa harus turun gigi 1 seperti sebelumnya jika di stop and go.

Kitiran atas juga terasa lebih signifikan, wajar, kan sekarang sudah full set dari depan sampai belakang. Kemarin pulang kantor dapat trek kosong (trek favorit) di jalur pulang, kecepatan 147km/jam diraih sangat cepat sebelum harus mengerem karena jalurnya habis, dibanding sebelumnya yang suka mentok di 130-135km/jam di trek yang sama. Soal angka, ya harus dilakukan dyno biar afdal.

Singkatnya, KBY puas dengan hasilnya dan kualitas buatan juga layak dapat 2 jempol dengan harga yang sangat memadai dibanding kompetitor lokal. Keluhan hanya datang dari KBY akan lokasinya yang jauh dari tempat tinggal KBY. Tapi perbedaan harga ¼ juta sangat worthy untuk dijabanin 🙂

Tertarik membuat knalpot after market untuk motor atau mobil lads? Desain bebas, suara bisa diatur, intinya suka suka lads saja. Silakan kontak Andri Bewok di
+6281319625139 (telp/ sms/ whatsapp).

Lokasinya ada di daerah joglo, gak terlalu jauh dari McDonald Joglo, sekitar 200 meter, seperti di foto bawah ini. 🙂

WrrrRRrrrRrr…. 😀

image

image

Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3303 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

165 Comments

  1. wah..review ttg piggyback/settingan ecu’nya stlh ganti knalpot fs lek kob. Old vixi ane rencanakeun bleyer sithik crroott..

  2. Ada 2 kekurangannya mas…
    1. Jadi incaran Polantas nantinya,
    2. Jadi incaran banjir… kan posisinya rendah, jd air seneng masuk tuh ? wkwkwk

  3. He3… melu-melu… gimana manteb kan… mas beewok masih inget ga sama ane 🙂 klo ga inget gue bubarin tuh lapaknya… wong masih utang dbkiller… ha3…

    • Yo mantep mas, hehehe…
      Sempet nyebut kemaren ay, dia masih inget. Sebenernya Stanlee ini dah tau cukup lama, jaman pake beat matik malah hehe…cuma ya itu, jauhnya itu yang bikin urung terus.

      • Saya retur sekali buat kecilin volume.. sebenernya dah lumayan merdu.. ga kalah sama ber merk.. tapi pengen kalem lagi jadi sekarang pesen db killer lagi

      • Gini critanya : pesen pertama knalpkt fullset model gsx. Setelah jadi ternyata suara terlalu gahar, trus pesen db killer suara jadi kalem tapi malah keluar suara mendesis kaya knalpot bocor di putaran bawah. Akhirnya silencer dibalikin untuk diedit. Abis diedit suara naknyusss… adem banget tapi masih ngebas passs… karena pengen sesekali suara kaya standar (agak sedikit ngebas) pesen lagi dbkiller dengan desain nyomot punya akra/yoshi

  4. Ane bru skali ksana tp ktmu dng Bie Hau a.k.a Juragan ProSpeed 🙂 Mank bngkelny yg join dng stainlee 🙂 Wktu ksana jg ane dijmput ma doski janjian di Mcd!!Smpe nglewatin 2x kga ngeh-ngeh!! :(Btw model dng silencer kecil&gemuk mank brkarakter Torque !! Tp minusnya suara mkin ‘gmuk’ eh gde ehhh…aplah itu namanya!?!?wkwkwk… Coba merk snalpotnya jng copas om!Mnding yg ky distiker artikel sblum 🙂

    • Makanya di foto ay lingkarin tuh plang nama yang susah diliat itu hehehe…
      Oooo bengkel pro speed disitu juga toh, sekarang masih?
      Ah sura buat ay mah gak terlalu masalah, asal gak bikin orang budeg aja, hehehe…ini suaranya masih masuk akal kok…(menurut ay kekeke)

  5. naha om hnteu model knalpot er6n/cb650f,anu basa d potoshop kn gning 😎 eta om asa hade d mono arm kn ala cb1000r knalpot pendek kitu mah,met enya eleh ku cbsf anu basa d anyer gning :lol 😀 #kompor_meledugh_mode_on 😀

  6. Stanlee bisa bikin leher knalpot racing tanpa mengubah muflernya ga? Soalnya ane ga suka knalpot racing, biar kata silent juga, tp kepingin tarikan buat nanjak d gunung yg mantab.
    Kalo di Thailand banyak tuh pengrajin leher knalpot racing, soalnya d thailand ketat, sama sekali ga boleh d jalan ada knalpot racing.
    Nah ane belum nemuin nih yg spesialis bikin leher knalpot trus disambung dengan mufler aslinya…

  7. Ahhh jelek blink2..bagus yg warna titanium…mendingan kagak ush pake akrapovic ler..kan emg bkn akrapovic..wkwkwkw..wannabe doang..

    Ngahahahahaha

    • titanium yah? siap… pinjemin duit dulu dah ler wkwkwk..
      gampang tar warnanya bisa dibalkin ke titanium hehehe…
      tanpa stiker sepi rasanya wkwkwk

    • Untuk knalpot ini maksudnya? baiklah, for the sake of information yah… 1,1jt. Oia ya, black chrome, keknya gahar..blm nanya. nanya aahhh

  8. Ane mau’a sependapat sama mas ..
    Cuma polisi cuma modal subjektif, pastilah sama pengendara adu ngotot ..

    Klo polisi udh ngotot ente kga bisa apa2 ..

    Polisi: bisa lihat Sim dan stnk’a Pak ..
    Ente: ini ..
    polisi: bapak tau kesalahan’a apa?
    Ente: enggak ..
    Polisi: knalpot bapak berisik (tdk standard)
    Ente: bisa tunjukin pasal’a Pak?? Dsb
    Polisi: ini ..
    Ente: loh itu kan ad standard pengecek’n’a!!
    Polisi: yang kaya gtu kga butuh, yang nama’a berisik kga bisa BOHONG!!
    Ente: koq gtu?? Bapak kga bisa seenak’a donk !!
    Polisi: ente tempel kupung ente di knalpot ente gua test motor’a (blayer2) brisik kga??
    Ente: yah, pastilah knalpot standard juga sama Pak!!
    Polisi: ya sudah, bapak saya tilang ..
    Ente: koq gtu Pak!!! Semua’a udh ad aturan’a bapak kga bisa nilang seenak’a ..
    Polisi: pokok’a saya tilang !!! (Sim dan Stnk udh ditangan polisi) ..
    Ente: kga bisa gtu donk ..
    Polisi: piliha ente cuma 1. INI knalpot saya hacurin 2. Saya tilang kasih/slip 3. Atau damai !!!
    Ente: sim n stnk dipenggang tu polisi, licik bgt cara’a (klo ad koneksi polisi bisa minta tolong, cuma kga semua bernasip sama) ..
    Ente: kalo ente(polisi) gua tabok gua ditahan n klo ngaret lama2 gua dianggat memper hambat tugas polisi n ujung2’a ditangkap juga (polisi berlindung dibalik nama polisi’a) ..

    Hikmah’a: org kecil selalu dirugikan dan dibodoh2’n ..

  9. ..btw ini warung tmpt para blogger R2 ngumpul ya.. :mrgreen: sadis tenan.. klo di lamer yg belakang mesti ketembak2 kuwi..

  10. Ini kotaro minami bukan??
    Masih bisa henshim kah??

    Aph udh karatan??

    Hhaaa ..
    Sorry becanda ane ..
    Peace .. ^^

  11. Hasil rekaman suaranya gokil, kayak helikopter. Mengundang aparat untuk bersilaturahmi, hu..ha..

  12. Pengennnnn…..tapi males kalo make cuma bentar gara2 peraturan baru mulai berjalan…nanti ah kalo udah mulai angin2an polisinya, udah beberapa saat peraturannya jalan.

  13. wihhhhh ternyata om kobay suka ke stanlee juga yak 😀
    baru beberapa minggu lalu masang r77+header stanlee disana hehehe
    salam om buat om dwi sama jawa hehehe

      • rasanya menurut gua sih rpm atasnya nendang sampe redline hehehehe tapi bawahnya boyoo
        beda sama header ori yang lebih torqy di rpm atas hehehehe
        btw scorpionnya mau dikemanain omm? hehehe

      • Ini bawahnya lebih berisi dr sebelumnya, yg slip on doang, header dan pipa standar. Atasnya ya lebih gila lagi hehhee.
        Kalau standar semua, bawahnya padet, tengah n atas nahan.
        Scirpion di titip teman. Ada yg mao? Hehehehe

  14. wkwkwk…untuk jin ganteng dateng yak.. kalo enggak..bisa muram durjana ga jadi pasang and kehujanan pula…hihihi (kalo suaranya kaya 2 tak siapin baygon yak….wkwkwk)

    ciaoooooooooo

  15. bro, aku sedang cari Knalpot unt z250. pengalaman menggunakan knalpot short muffler z250 dari bang stanlee sampe sekarang bgmn? mohon infonya bro..

  16. Halo Bang Kobay, dulu bikin knalpot ini di StanLee harganya berapa? Kalo pake knalpot custom begini, mesin aman nggak?

    Ane tertarik bikin yang serupa juga..thx bang..

  17. Halo bang mau tanya klo kawasaki z 250 sl yg 1 cylinder bisa juga gak di bikin suara kaya gitu?

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Gallery Video Exhaust Kawasaki Z250 « KobaYogas.com
  2. Pojok Test Ride: Full Review Honda CBR 250R 2011 – Part II (End) Design dan Handling Plus Video | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  3. Rendezvouz Riding With Kawasaki Z250 2013…Unforgettable Moment | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  4. Komparasi Awal Yamaha MT25 vs Kawasaki Z250 FI – Desk Analysis | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..