CBR

Opini: Xeon GT Masih Kurang Amunisi?

image

Seperti yang sudah di ketahui oleh para blog reader jika YIMM baru saja menelurkan produk gres berjenis Skutik dengan embel embel Xeon GT sebagai diversifikasi dari Xeon RC.

Hari Minggu kemarin, KBY sengaja mampir ke dealer Yamaha di Buaran JakTim, niatnya sih mau beli YCC (Carbon Cleaner), sayang loket spare parts tutup euy, yasudah mumpung sedang di lokasi liat liat produk yang ada deh, karena dealer ini termasuk besar.

Mata KBY menyapu semua motor yang ada, yap, mencoba mencari cari Xeon GT, tapi kok gada ya. Petugas salespun menjawab memang belum masuk pak, tapi sudah pesan, tinggal barang datang saja, ujarnya lagi. Aneh juga ya, wong di daerah sudah tersedia unit unit Xeon GT…

Well, balik lagi ke topik (bukan TMC), Xeon GT dilahirkan ceritanya, untuk membendung terjangan Honda di kelas skutik, terutama dari Honda Beat dan Vario. Merasa kecolongan dari AHM beberapa tahun belakangan ini, YIMM malah terlihat bergerak secara sporadis, tidak terkonsep dengan baik, pokoknya menciptakan diversifikasi produk. Ini yang terlihat oleh KBY loh ya.

Membaca spek, melihat penampilan, well…opini KBY terhadap Xeon GT ini adalah pesimistis. Kenapa? Jujur aja, Xeon GT hanya memindahkan ‘tongkrongan’ ala Soul GT ke Xeon. Tidak salah sih karena secara tipe, Soul GT memang yang paling laku, so diharapkan, dengan ‘meminjam’ kegantengan Soul GT, si Xeon GT ini bisa semujur Soul GT di sektor penjualan.
image

Pesimisnya KBY disebabkan beberapa hal, YIMM terkesan tidak serius dalam menciptakan produk, ukuran lebar ban masih kecil, bikin kenceng? jelaasss, wong bannya seuprit gitu. Fitur? Gak jauh sama Mio J, akomodasi/fungsionalitas? Bye bye. Ini compare to Vario loh ya. Jadi apa yang mau dijual? Modal tampang? Sepertinya iya.

Mungkin YIMM punya kejutan di tahun 2014, mungkin loh ya, dan seharusnya sih wajib! Itu kalau mau singgasananya AHM diambil lagi loh ya. Bentuk yang keren, fitur berlimpah, akomodasi dan fungsionalitas ditingkatkan, serta faktor safety yaitu lebar ban disesuaikan dengan dimensi motor. Harga lebih mahal dikit tapi spek menang mutlak kenapa gak? Satu lagi, permudah transaksi (DP kecil, JWP panjang, dengan tidak mengurangi strict rule dalam bertransaksi).

Kue di kelas skutik memang enak dan lezat, apalagi jika diraih dengan memimpin MS di kelasnya, bulan madu lagi dengan skutik? Kenapa gak YIMM? Tantang nyalimu 🙂

image
Tantang diriku 🙂

image

Thanks for reading lads..

KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3424 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

100 Comments

  1. Soul GT emang keren, tapiiiii… upgrade engine ke 125 dan ganti nama jadi Xeon kayanya malah kurang greget. apalagi klo specnya ga jauh beda sama si Soul GT.

    • Betul, fitur kuduna dibenturin sama Vario, masalah mau kepake apa gak, yang penting ada, jadi value for money nya dapet.
      Kaya airbags di mobil, apa harus kepake? Kan kaga, tapi kalau ada ya lebih baik…hehe

      • nah itu, Yamaha kesannya setengah setengah di matic, padahal jujur klo secara desain Yamaha itu yahud….. anak muda banget… cuma ya itu tadi, fitur mau gamau ditanamkan sejak lahir. liat aja handphone, walau semua fitur ga kepake tapi tetep jadi kebanggaan punya fitur tersebut. padahal lebih banyaknya cuma sms sama telepon doang…

  2. dosa yamaha di semua motor matic itu kurangnya fitur…
    soalnya di segmen ini ga bisa cuma jual tampang sporty, okelah bebek –> mx works, or sport –> NVL works
    tapi orang beli matic itu untuk cari kemudahan, andai klo fiturnya ditambah. though blm tentu ngalahin vario, paling bisa ngangkat derajat matic yamaha…

  3. urusan matic, honda. Old vario msh dihati. Lha yg di garasi masih itu, hahahayy.. Landjoet. Utk urusan kualitas material body rasanya msh bagus yg old, dibanding adik2nya. Matic2nya yamaha ? Gak komen Lek Kob. Blm pernah ngandangin..

    • Kita (keluarga maksudnya) pernah punya Mio gen 1, warna putih, yg pake adik di bwh saya persis. Kadang suka pinjem juga ke kantor kalau lg pengen.
      Gada komplen saat itu, wong gada lawannya, smp vario dan beat muncul.
      Vario gen 1 warna hijau dipake si bungsu smp di bawa pindah ke sawangan, Beat merah saya yg beli (dulu) utk dipake ngantor kalo dah kesiangan, biar selap selip gampang.
      Mio Soul GT gen 1 silver pernah saya beli utk istri (saat itu dia msh kerja d bandung), sesekali saya pake kalau ke bandung.
      Di situ baru ketauan kekurangan Mio dibanding Beat (karena Vario bukan kelasnya). Getarnya itu smp bikin kesemutan, sesuatu yg gak pernah saya rasain di Vario dan Beat. Soul GT malah lebih parah, itu dek variasi (namanya apa ya lupa, smp bunyi2)

      • old mio dan beat. Pernah coba keduanya di jalur sby-malang (200km-pp). Rasanya koq power si mio lbh terasa ya, dibanding beat. Getarnya mio lbh terasa, iya sich bener. Mungkin karakter mesin matic yamaha sdkt lbh kasar dr honda ya ? Dgn jarak tempuh +- 200km, rasanya punggung sdh mulai gak nyaman. Biasa motor laki kali yaa..

      • Masih wakau gak separah dulu, adik ipar adanyg suka ke rumah bawa Soul GT nya, suka tak pinjem.. fitur getarnya lumayan suka bikin baut plat nomor cepet kendor wkwkwk…

      • Iya, power mesinnya lebih berasa dari bawah, itu juga yg ay rasain…
        Kalau geternya itu, mengganggu setelah berkendara hehehe…udahannya yg berasa hehe.

      • sampe sekarang mio j saya getarnya masih terasa. terutama pas tarikan awal gitu. batok lampu geter semua.
        jadi yang bilang body yamaha kokoh bisa cek sendiri motor saya 🙂
        body yang paling kokoh itu suzuki. tapi selain smash lama yah. itu emang tipis bodinya buat kurangin harga hahhaaa

  4. Dari pertama beli skutik ya Suzuki Skywave 125, sampai 3 x malah pernah punya, dan terakhir pake Hayate 125. Gak ada pilihan lain yg masuk hitungan secara spek. Sedih banget tinggal di sini, ngarepin Nouvo SX ama Air Blade kaga nongol2 di mari. Yg nongol mulu malah si kecebong bantet ceper. Gak PeDe naik skutik gituan, kyk mainan. Oh……nasib…….wkwkwkwkwwk

      • hu uh,,,,perhatikan aja smua kluarga matik yamaha dr blkg pas riding,klo diatas 1 ato 2 thn tuh velg geal geol,kbanyakan sih gitu.
        aki udah byk yg ngeluh koq….
        CVT ada tikusnya….

      • masalah aki ya? mio saya udah ganti aki ke 3 kalinya . motor bulan oktober 2012. mau paki aki g*, ind*batte*y sama umurnya kurang lebih 6 bulan. kemaren baru ganti gara2 startnya rada soak gitu ada jeda . untung masih bisa engkol. ga mau resiko dijalan kalo mati dijalan matic yamaha ga akan bisa di engkol sampe ganti aki.

      • nyesel si dl ambil mio cm krn lbh murah dkt ma beat, dl beat blm ada yg velg jari2 jd ambil mio, ternyata fiturnya mantap kali..akinya boros walo tak seboros bensinnya..:), fitur tikus jg ga bs ilang pdhl udah service di bengkel resmi, yah sekarang mah ckp bengkel pinggiran aja hasilnya sama ongkosnya beda, velg aman krn pk yg jari2

  5. AHM kalo Bikin Skutik Pasti “Total” memberi Fitur dan desain yg oke . ..
    tapi kalo sport, AHM terkesan masih “Setengah hati” memberi fitur lengkap & desain, contoh real ada di cbsf ane,

    Sedangkan, Kebalikannya

    YIMM kalo bkin Sport pasti “Total” meberi fitur dan desain yg oke,
    tapi kalo sport, YIMM “Stengah hati” memberi fitur lengkap… ini IMHO lho om 🙂

    • Kemenangan YIMM di sport ada pada desain bagus dan mesin yg sdh teruji kualitasnya, tp kalau fitur sih IMO gak juga, harusnya 6 speed minimal kalo ga mau DOHC, perkara gigi 6 kepake pa gak bodo amat, yg penting ada dulu, toh kalau mau, semua gigi akan kepake, buat efisiensi bbm.
      plus tuas gigi diungkit, jangan kaya bebek. Nah naggung juga kan sebenernya hehe…

  6. ini mukanya bongsor tapi badannya cebol. terakhir naik mio, soul sama mio yg baru, istri yang bonceng selalu kena kakinya sama trotoar. Masalah yang besar kalo yg naik juga besar. Makin rendah dah. Dan bagasinya masih kecil. Akhirnya beli vario125. Tinggal nungguin XMax……..Kalo jadi keluar….hehehehe…udah nahan diri nggak ambil PCX atau Z250 nih…

  7. Yg sy lihat matik honda jg gt brow, pelek belakang geal geol loh, bunyi mesin kasar, cvt jg bunyi cit cit cit ky tikus, bodi getar, spido retak, kalo bonceng ktmu jalan jelek bikin sakit tulang pantat, mesin ndut2n lg, kl nyetir sndiri (pinjem) berasa ga naek motor (ky naek mocin), trs desainnya wagu ga ky yamaha.. Kekurangan yamaha cuma fitur

    • Begitu ya. Kok sampe jutaan orang beli Vario n Beat? Padahal ada matic sebelah yang sempurna dunia akherat. Wah bodoh bener mereka ya. Brarti di negara ini, lo salah satu orang smart ya. ckckckckckck..top bgt lo!

  8. napa banyak bngt yang minta yimm ngluarin nouvo sx? Klo harganya kurang lebih 20jt, apa sanggup nyaingin penjualan mio j? Apa lagi vario 125?

  9. sumber daya yamaha gak sebesar honda jadi gak semua bisa digarap serius
    proyek GT mungkin cuma proyek kecil untuk memperbaiki MS saja biar gak gitu nyungsep, dengan gonta ganti tampang doang ___strategi ini sudah bagus dari pada cuma diam, artinya nanti Yamaha Indonesia lebih dapat banyak pelajaran dari kasus matik
    mungkin kalo proyek R25, R15 sudah selesai baru fokus dimatik lagi
    jadi sebenarnya Xeon GT125 memang bukan untuk menghadang laju Vario… berat

  10. atas saya >>>
    Udah lima tahun Bro… klamaan belajarnya….!!!
    Kecilnya sumber daya gak jadi masalah, kalo kreativitas tetap dikedepankan. Masak untuk sekadar ganti ukuran ban dengan ukuran yang proporsional dengan body masih gak bisa ???

    • Ini yg jadi pertanyaan gw juga sejak lama, kenapa bannya gak dibuat proporsional? Di awal kemunculannya mungkin ga masalah, kan lom ada lawan, begitu ada kompetitor, baru terlihat. Padahal ban proporsional lebih bagus dilihat dan jelas lebih safety dr sisi handling. Apa takut citra Yamaha = motor kenceng jadi hilang kalau pake ban proporsional?

    • 5 tahun?
      di segmen matik yamaha nyungsep baru 2 tahun belakangan ini, sebelumnya kan masih unggul jadi masih jumawa alias gak mau belajar

      waktu masih unggul yamaha senengnya cuma gonta ganti striping doang dan sekali ganti tebeng, selama 6 tahun dari 2005 sampe 2011 sebelum nyungsep

      jadi sepertinya yamaha baru sadar dan mau belajar itu baru 1 sd 2 tahun belakangan ini setelah disalip honda
      kan gak biasanya yamaha baru 1 tahun launching produk baru langsung ganti model tebeng biasanya minimal 3 tahun atau 5 tahun…… makanya gw bilang strategi sekarang sudah bagus dari pada dulu…. artinya sudah ada yg dipelajari dari kegagalan

      1 tahun setelah mio J marketnya kurang bagus, muncul mio GT, gitu juga Xeon RC yg belum 1 tahun tapi marketnya kurang bagus muncul Xeon GT << ini kan namanya kreatifitas….. "kalo mau ganti total pasti butuh sumber daya besar juga ujung2nya gak fokus ke yg lain dalam hal ini sport yg lagi dikembangkan"

      jadi sepertinya proyek GT ini murni proyek dari YIMM bukan proyek dari Yamaha Pusat … alias … proyek GT ini ""yg ganti tebeng doang"" murni kreatifitas Yamaha Indonesia yg mengakali keterbatasan sumber daya, sebelum nanti muncul produk yg benar benar baru dari PUSAT

      untuk masalah ban memang disayangkan tapi mungkin itu cuma masalah kontrak dengan vendor

    • Model bisa dibilang 11-12, nah kalau fiturnya sama, si Vario yang jadi kalah tipis … Gakan ragu pilih Xeon hehe…
      Sebenarnya dari sisi desain Fino menang tipis dari Scoopy, begitu dilanjut adu fitur dan akomodasi, Scoopy melejit, makanya ay pilih scoopy buat bini..

  11. Xeon mmg kenceng..no doubt about it..mantep..

    Ati2 lu kena tuntutan hukum pajang foto orang tanpa ijin orangnya…wkwkwkwk

1 Trackback / Pingback

  1. Lagi Ngetrend Suntik Mati Produk, Giliran Xeon Digantikan Yamaha Aerox… | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..