CBR

DIY – Merawat Rantai Motor Pakai G'Zox Teflon Chain Lube

image

Konbanwa Lads…
Saat ada waktu luang, paling asik memang merawat kendaraan sendiri, baik itu mencuci, waxing bodi sampai kinclong, bersihin air filter, ganti bohlam s.d memberikan pelumas untuk rantai motor kita.

Kali ini KBY mau sharing soal pelumas rantai untuk Kawasaki Z250 yang sebenarnya sudah cukup lama KBY beli berbarengan dengan barang lain seperti Carbon Cleaner dan Valve Cleaner serta pengukur tekanan ban. Untuk alat pengukur tekanan ban akan KBY bahas di artikel lain.

image

Okey dokey, dimulai saja langsung deh. Kondisi si Shiro Z250 FI dalam keadaan bersih setelah dicuci, dan kebetulan sudah cukup lama sejak pengaplikasian chain lube terakhir pada rantainya. Rantai Shiro sudah terlihat kering dan ada karat, akibat belakangan ini diterpa hujan dan jalan becek terus. Gak tau juga sebenarnya bagaimana menghilangkan karat secara tuntas ini, mungkin harus disikat kali ya? Tapi selama tidak membahayakan sih gak apa apa lah.

So…setelah memasang paddock stand pada Shiro Z250 FI, KBY langsung menyalakan mesinnya dan memasukkan ke gigi satu sehingga ban belakang berputar (termasuk rantainya tentu). Buat KBY, ini dimaksudkan agar tak perlu putar-putar ban memakai tangan lagi sehingga mempermudah pengaplikasian si chain lube.

image
Teflon Chain Lube dari G’Zox
image
Masih tersegel rapi
image
Bentuk noselnya
image
Segel pun terbuka
image
Siap digunakan
image
Semprot titik josss…
image
Jangan lupa bagian sebelahnya juga disemprot

Sementara rantai berputar, KBY menyemprot si chain lube secara merata secukupnya termasuk sisi bagian lainnya. Setelah dirasa cukup, KBY netralkan gigi dan mematikan mesin si Shiro Z250.

Apa sih kelebihan chain lube seharga Rp. 147,500 ini dibanding merk lain? Yang jelas dia impor, mungkin bea masuknya jadi signifikan, selain itu sih kandungannya mengandung lapisan Teflon, sebagaimana karakter lapisan teflon yang sudah kita kenal pada alat memasak, lapisannya membuat tidak lengket dan licin, sekaligus melindungi dari kotoran yang tidak diinginkan. Selain itu juga, fleksibilitas nosel nya dapat 2 jempol, saat selang nosel tertidur, maka semprotan menjadi melebar, sedangkan saat selang nosel didirikan, maka cairan akan menyembur lurus kecil.

Kalau harapan KBY sih, si G’Zox ini bisa meminimalisasi suara rantai dalam waktu lama dibanding chain lube biasa. Toh harusnya memang itu kan perbedaan dari sisi harga yang jauh. Besok KBY tes deh apakah suara rantainya bisa berkurang signifikan karena sekilas tadi memang bunyinya terminimalisir.

Thanks for reading lads..

image
Mau juga doong disemprottt… 😀

Baca juga yah lads…

Posted by KobaYogas from WordPress for Android

About Kobayogas 3434 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

43 Comments

  1. emang harus gitu kang kobay…motor premium..minyak rantai nya jg harus premium…biar cocok…termasuk minuman ridernya …monster energy yg super premium…

    • Wkwkwkk….pake ini, ilang, tapi kalau lagi berisik nih, compare to Tiggy…masih jauh berisikan tiggy kemana mana hehehe…
      Jadi inget ada yg pernah bilang, kita bisa tau motor apa yang bakal lewat didengar dari bunyi rantainya hehehe…

      Eh lek ipan mampir, cinta deehh…muaaahh wkwkwkwk

  2. Kalau saya diputar manual aja om kobay, soalnya temen saya jempolnya putus waktu bersihin rantai motor dengan masuk ke gigi 1. Sampe sekarang saya masih ngilu kalo inget. Emang sih itu 90 persen karena human eror, tapi at least udah diminimalisir, kalo diputar manual. Btw, nice share om kobay.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Video Aplikasi G’Zox Chain Lube « KobaYogas.com
  2. Sharing: Result Memakai Chain Lube G’Zox Teflon « KobaYogas.com| Your Automotive Blog

Yuk Tinggalin Jejak Lads..