CBR

Pengetahuan Dasar Seputar Fungsi Transmisi Automatic Pada Roda 4 (Part 2 Selesai)

image

Kobayogas.com –Β Hola lads? Gimana weekend nya? Happy? Hehe…Setelah membahas fungsi dasar angka dan huruf pada transmisi otomatis CVT milik Honda Jazz GD3 i-DSI di artikel sebelumnya, KBY akan melanjutkan sharing tentang mengaktifkan fitur 7 speed-nya masih di mobil yang sama…cekibrot lads..

Jika pada artikel lalu KBY sudah sedikit menjelaskan kalau si transmisi CVT milik Honda Jazz ini bisa berubah menjadi manual 7 kecepatan dengan mengaktifkan fitur 7 speed mode dan mengoperasikan tombol paddle shift/ steer matic yang terdapat di area setirnya.

7 speed mode ini bisa dioperasikan secara fully automatic ataupun semi manual dan manual mode. Bagaimana caranya? Simak ya lads.

Mengaktifkan fitur 7 speed mode/ steer matic

Pastikan posisi tuas ada di posisi D atau S, selain di posisi itu maka fitur 7 speed mode tidak akan mau aktif.Tekan tombol yang ada di setir (lihat gambar), jika aktif/ on, maka akan terlihat indikator angka 1 di speedometer. Artinya 7 speed mode aktif dalam mode full otomatis. Full otomatis maksudnya, kita hanya tinggal injak gas dan rem, maka si ECU transmisi yang akan mengatur naik atau turunnya si gigi virtual ini.

image

image

Mode semi manual

Tekan paddle shift atau lambang (+) atau (-) pada setir (lihat gambar), maka huruf M akan muncul yang artinya mode manual sudah aktif. Gigi akan naik hanya pada RPM tertentu (RPM tinggi) saat kita menginjak gas dalam dan akan turun secara otomatis saat kita menurunkan kecepatan sampai dengan berhenti. Buat KBY, mode ini sangat berguna saat di tol lengang atau di sirkit. Nyossss lah pokoknya hehee.

image

image

Mode manual

Pengaktifkannya sama seperti mode semi manual di atas, hanya pengendara yang total mengendalikan kapan mau naik gigi atau turun gigi melalui tombol (+) dan (-) yang berada di setir. Asiknya, jika kita lupa menurunkan gigi ke posisi lebih rendah saat melakukan deselerasi sampai dengan berhenti, maka ECU yang akan mengambil alih tugas kita, jadi tidak perlu kawatir. Mode ini asik digunakan di tol, serasa bawa mobil F1 lads hehe…

Penggunaan fitur tersebut berlaku sama, baik saat tuas berada di posisi D maupun S, yang membedakan hanya karakternya, posisi S lebih sporty, gigi berpindah di RPM lebih tinggi untuk respon mesin yang lebih sigap.

Begitulah lads, sharing dari KBY seputar transmisi otomatis sejauh yang KBY tau dan alami sendiri dari Honda Jazz MoTuBa milik KBY. Semoga bermanfaat dalam memahami prinsip dasar kerja transmisi AT pada umumnya dan fungsi lebih lanjut dari transmisi CVT Honda Jazz pada khususnya. Last, thanks for reading lads, happy resting n buona notte..

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing πŸ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3428 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

82 Comments

  1. klo saya paling suka nyetir manual, 13 transmisi percepatan+10 roda..hahahaha *customer delivery order

  2. Weekend ane galau om..hehe

    .. bonuse no komen ahh.. fantastic 4.. jozz gandhozz kotozz kotozz

  3. Maaf om saya newbie mau tanya
    Kok padlle shiftnya jazz saya kalo tekan + ga bisa nambah ya, kira2 iyu kerusakan bagian apa atau saya yang belum paham

  4. gan. Ada yg bilang kalo pake mode manual bisa bikin maticnya cepet jebol. Benar ga yah? Dulu sering pake mode manual pas mo ke bandung. Sekarang paling pake mode S saja.

    • Saya pake dah 10 taun, tahun ini. Fine2 aja, yg ptg mah ganti oli jangan telat tranny otomatis mah.

      Sama jangam buru2 kalau mindahin dr D ke N, N ke D, D ke R, biarkan 1 detikan setelah mobil berhenti, baru pindah

      • sy suka mindahin D ke N waktu masih jalan, sebelum berhenti.
        beban rem berkurang, kopling lebih awet tentunya.
        artinya kalo m ngerem yah ngerem ,transmisi ke N aja, kecuali kalo pas speed yg tinggi ngerem,buat dapet engine brake pake triptronic lebih ok
        bagaimana menurut abang ?

  5. nice info bro, yg saya msh bingung apabila hbs mengunakan paddle shift mau balik ke otomatis lg gmna carany? mksd saya apabila hbs pakai paddle shift trus parkir di mall trus pulang dr mall mau pakai matic lg gmna carany? tks

    • Siang pak brow.. saya punya jazz vtec 2005 yg sudah gitu stir nya. Cuma saya tekan 7 speed mode pada D dan S gak mau keluar indikator manual angka 1 dst di layar. Kira kira masalah dimana ya? Rusakkah sistem matic nya atau hanya ada kabel atau apa yg mesti diperbaiki? Trimakasih sebelumnya. Mohon bisa dijawab disini atau email atau sms 08124613375.

Yuk Tinggalin Jejak Lads..