CBR

Haruskah Honda CBR 250 Bermesin 2 Silinder?

image

Kobayogas.com – Hola lads..Cukup hebohnya berita di blogsphere seputar munculnya CBR 300 di belahan dunia lain menggelitik KBY untuk beropini dari sisi pribadi

Menurut KBY, jika Honda (dalam hal ini AHM) mau siap berjibaku mengalahkan atau paling tidak memepet penjualan milik KMI di kelas 250cc dengan Ninja dan Z seriesnya di Indonesia, maka AHM harus nyemplung sekalian gak pake setengah setengah lagi.

AHM harus mampu melobi pihak Honda Global untuk mau habis-habisan terjun di kelas moge entry level ini, khususnya pasar Indonesia. Pasar Indonesia itu unik dan tidak bisa disamakan dengan pasar di belahan dunia lain, sukses di luar sana, belum tentu disini, begitu pula sebaliknya. Itu tidak hanya terjadi di roda dua, roda empat pun demikian. Oleh karena itu pihak APM (Agen Pemegang Merek) harus bisa memutar otak bagaimana caranya mengakomodir keinginan para konsumen disini.

akhirnya CBR250RR 2 silinder nih!

Tidak bisa menutup mata bahwa kenapa diluar sana laris disini tidak? Selera seluruh orang Indonesia kah yang salah? Atau selera segelintir orang Indonesia yang benar? Hehehe…

Enough said, menurut KBY kebanyakan konsumen di kelas moge entry level ini adalah new comer/ buyer yang baru naik kelas, dimana mereka duit ada dan mampu tapi sekaligus wise... Mereka tidak mau menghabiskan uang yang sudah dibujetkan untuk sesuatu yang menurut mereka tidak layak beli. Jika dengan jumlah uang yang kurang lebih sama bisa mendapatkan yang lebih kenapa harus memilih yang kurang/ biasa?

Abaikan soal kefanatikan merek dan selera, mari bicara tentang whole package atau paket secara keseluruhan dari suatu produk di kelas 250 cc, areanya yang menurut KBY meliputi a.l; mesin, performa, penampilan/appearance, dan nama produsen/ merk. Siapa yang mempunyai paket terlengkap saat ini di pasar? Menurut KBY ya motor 250cc terlaris saat ini, si Kawasaki Ninja.

Kedigdayaan Ninja (250) bukan tanpa alasan yang tak jelas, Ninja kuat di nama sebagai brand image, nama Kawasaki pun merupakan sebuah nama kelas dunia. Ninja dipaketkan sedemikian rupa lengkapnya dibanding kompetitor, walaupun masih overpriced tapi Kawasaki bisa membuatnya menjadi harga yang layak. Mesin 2 silinder, powerful, dengan bodi aduhai yang bisa membuat semua mata memandang walaupun hanya melirik. Tak heran KMI begitu menikmati kue di kelas ini, karena cukup banyak biker yang ingin naik kelas dan mungkin prefer merk tertentu namun merk yang disukainya tidak mempunyai produk yang diidamkannya.

Berkaca dari itu, maka KBY beropini bahwa 2 silinder di CBR 250cc adalah suatu keharusan!!..ingat tidak sedikit yang menantikan kemunculan si misterius dengan kode R250 dari kubu Yamaha, dan jauh jauh hari sudah melakukan psy war dengan berucap mereka akan memantek 2 silinder pada mesinnya.

Nah, kalau Honda ingin 250cc-nya laris manis tanjung kimpul di Indonesia, maka 2 silinder is a must! lupakan pendapat dan pandangan skeptis seperti 1 silinder-nya teknologi terbaru lah, efisien lah, 2 silinder rival jadul lah, 1 silinder aja bisa ngepretin 2 silinder di IRS kek, siapa butuh 2 silinder kek dlsb…itu hanya ucapan ucapan dan pendapat yang muncul karena CBR bersilinder tunggal!! Kita lihat apa opini mereka saat CBR reborn dengan 2 silindernya nanti (jika terjadi). Bahkan akan sangat luar biasa jika CBR mempunyai pilihan 1 dan 2 silinder, biarkan mereka yang bersilinder tunggal minded membelinya, KBY sih yakin yang 2 silinder akan lebih laku dari yang 1 silinder.

Satu hal lagi, “baju” CBR sekarang sudah lebih baik, dan jika nanti jadi 2 silinder maka paketnya akan mendekati sempurna, hanya tinggal 1 lagi, pricing policy, jangan sampai over confident jika 2 hal itu sudah terlaksana dan kemudian memberikan harga yang gak masuk akal, karena rival juga tidak akan tinggal diam. Terlalu percaya diri akan membuat blunder nantinya. Ingat, Yamaha bersiap-siap, Kawasaki akan berbenah dan Suzuki mengintai…

Beranikah Honda? Tantang nyalimu ๐Ÿ˜€

Itu opini KBY, kalau kamu bagaimana lads?

image

image
Ini terakhir ya Kang, kalau fotoku nongol lagi..bayar 10 juta ๐Ÿ˜€

Baca juga artikel lainnya, terima kasih sudah bantu sharing ๐Ÿ™‚

Mangga digeber ladsss… Thanks for reading and sharing this article…

Kunjungi juga blog di bawah ini ya.. www.sakahayangna.com

  • Email me: kobayogasblog@gmail.com
  • Facebook : @kobayogas
  • Twitter : @kobayogasblog
  • Instagram: Kobayogas
  • YouTube channel: Yogas Kobayogas
  • Path: Yogas Kobayogas.com

<

About Kobayogas 3423 Articles
Seorang kuli di dunia asuransi, pencinta otomotif motor dan mobil sejak kecil, oleh rekan rekan dijuluki blogger motor dan blogger mobil

93 Comments

  1. wajib 2silinder, meskipun inyong kaga bisa beli, biar tambah seru persaingan dikelas semprot piring 250.

    • Kita lihat saja…tapi kalau mereka merasa dah cukup pemasukan dari skutik dll ya udah, 250cc hanya jualan sampingan aja…itu hak mereka sih hehhee..

  2. Di indonesia itu org terbiasa naik motor kecil,mo beli moge terkndala harga.maka dari itu ninja laku keras d indonesia,sedangkan org luar negri kn dah terbiasa naek moge,mereka lebih milih yg ringan d kendarai,suara nomor sekian,toh dah biasa naek 4 cyl,maka dari itu cbr lebih laris disana”IMHO”

      • komen ahh klo gtu, mgkin dkasus ini honda ingin membuktikan klo mesin 1 cyl mampu bejaban dgn mesin 2 cyl, walau fakta di lapangan berbeda, makanya dia tetep kekeuh dgn 1 pistun aja.. IMHO

      • Memang salah satunya ya itu tujuannya…masalahnya kita kan masih tetap berpikiran kalau duit segitu ya mending dpt yg serba lebih toh?

  3. Hehehe….
    250cc 2 silinder rasanya nanggung. Spt 2 piston supra x 125 digabungin. Well… Sebenarnya banyak faktor lain kok kenapa cbr 250 masih keukeuh di 1 silinder selain yg diungkap om kobay.

    • Wkwkkwk…kek supra 125 digabungin…
      Sok lah buka titik josss…aman kok ๐Ÿ˜›

      Ya terserah AHM sih, tapi kalau ga nongol2 2 silindernya ya akan tetep di bully hehhehe

  4. Sebenarnya 2 silinder atau 1 silinder tidak terlalu berpengaruh untuk kelas 250 cc dari jumlah penjualan motor di Indonesia, harga yg dipatok apm sangat besar lah ( diatas 45 jt utk kelas 250 1 atau 2 silinder) yang menyebabkan cbr kurang laku. Coba harganya max 35 jt. Ninja pasti lewat… Imho

  5. Ada yang bilang yamaha 250cc 1silinder SOHC,Yang bener yang mana yak?

    Kalo menurut ay sich yamaha 250cc lebih masuk akal 1silinder SOHC. karna yamaha punya kelebihan,yaitu desain joz dan harga main di bawah 40 jeti.

    CBR kurang laku karna harga kemahalan desain kurang ciamik.

    *sesama jepang g mungkin saling menjatuhkan. Kalo saling menjatuhkan,HONDA yang mempunyai peluang paling banyak menjadi raja.

  6. Udah telat… 2 tahun.. Haahaha. Biarpun 2 silinder, walaupun udah facelift, kalo si yamaha seperti yg ge duga bentuknya kayaknya sih bakalan tetep babak belur. Tapi kan AHM memang gak niat jualan. Sekarang aja import by order. Masuk sekian pesenan, baru ambil dari thailand. PCX juga sama. Bentar lagi CBR150 juga sama. AHM cuma pingin give a taste doang buat customer, buat pancingan produk derivatif lokalnya. Just my two cents

  7. ntah kenaapa ninja 250 fi warna silver semakin di pelototin semakin biasa saja.. dan tdk bikin aku nafsu at all..
    apakah selera ku yg mungkin sudah semakin naik…?

    tapi fakta menunjukann ,,
    ketika aku membandingkan pulsar 200 ns dgn z250 dan ninja 250 fi silver..

    kalah tuh z250 dan ninja 250 fi.. di hadapan pulsar 200 ns, secara desain dan ke gagahan nya..

    pulsar 200 ns pancen bener2 gede dan ber muscle propsional..

    sayang hrs mimik pertamax+
    dan boros bbm, 1: 30

    vario 1: 45
    cbr 150 1: 42
    er6n 1: 18
    z250 1: 15

    posisi pulsar 200 ns nanggung

    secara keren2 an juga kalah dgn er6n..(ya yalah beda segemen heehe)
    secara irit2 an kalah dgn cbr 150 (ya ya lah beda cc)
    pusing pancen…

  8. nah ngoomong2 soal cbr 250…

    benar sekali cbr 250 harus 2 silinder kalo mau survive di indonesia…

    nah tapi taukah saudara2 kalo teknik makrekting honda itu beda…

    dia tuh ga mau head to head.. ntah karena takut.. ato krn ga mau cari masalah,,
    jadi mau nya melenggang sendiri….

    2 silinder kan dah ada tuh kawasaki,

    makanya honda pilih 1 silinder…

    lagian dari dulu mtr honda tuh identik bukan utk anak kebut2 an.. ato anak galauw

    honda tuh lebih ke bapak2 an ibu2an,. anak baik2… sekolah lulus kerja.. gitulah… ilustrasinya…

    2 silinder ? buat apa pikir honda…
    toh1 silinder lebih efisien…

    mereka tidak melihat kalo anak2 muda di iindo nih ego nya gede…

    pamer,,, dll…raungan.. sensasi kepuasan diri….

    itu lah hal2 yg dilupakan honda..

    selain memang honda tak mau head to head dgn kawasaki dlm hal silinder..
    lihat saja suzuki…
    memang sengaja dibuat model turing inazuma,,
    krn memang sengaja ga mau head to head,.,.
    dan mencari pasar kosong yg tak terisi..
    sayangnya celah kosong yg di isi suzuki dan honda itu…
    adalah celah yg mandhul..
    alias ga prospek,
    dan sgt sedikit peminatnya…

    ok yes

    • yang ga mau Head to Head itu malah sebenernya Kawasaki (diluar sana), cerdas atau takut? terserah aja menyimpulkannya gimana, saat yg lain 250, dia 300, saat yg lain 600, dia 650 dan 636, yg lain 750, dia 800, dan rata2 begitu jika Kawasaki merasa kelas yg akam dihadapinya adalah kelas sesak…
      info itu ay dapat dari om Leopold juga sih hehe…

      • lek Kob, koq tercium aroma airoh di warung ini..benarkah adanya ? Sniff..sniff..yellow flourecent..

      • ane horny berat klo lihat nolan putih+grafis yg simpel. Yg silver jg boleh. ada defogger’nya Lek Kob. biar hujan tenang aja, visor bs ditutup dan gak ada pengembunan di dlm helm..last, ane jg rela koq jd volunteer penerima airoh. Mudah2an Lek Kob lalai+benar2 mendermakan airoh’nya..wkwkwkwkw..

      • Hahhaa produk2 skrg sbnrnya sih downgrade rata2….ay msh inget punya nolan pertama kali jaman kuliah taun 95, lupa tipenya. N seri awal full face. Itu kaca dah semi coklat/shade, anti gores, anti fog.
        Skrg? Cuma pada anti gores, mau yg agak gelap kudu beli kaca, mau anti fog beli PINLOCK, walau skrg sih emg dipaketin beli helm dapat PINLOCK free. Tapi tetep aja gak kaya produk dulu.
        Masang Pinlock jg ga mudah2 amat, dan di awal hujan/dingin pst ada embun dulu. Kalau visor produk dulu gak perlu ada embun, ujan/dingin, fog free…

      • waahhh..ngono yo Lek Kob..maturnuwun informasinya..lihat2 di fjb pinlock rp 350rb’an,+visor yg agak gelap (dark green klo gak salah) rp450rb’an..jatuhnya msh mahal..helm’nya mulai 2jt’an..btw ori ato kw yach ? Menurut pengalaman Lek Kob, worthed mana nich antara airoh dan nolan zaman dulunya ?

      • Opini pribadi ya, saat ini worthy Airoh sih, seri GP nya (GP500 dan 400) terutama yg dipakai di MotoGP (GP500) harganya masih relatif terjangkau, bisa beda 1jt-an dengan Nolan dengan spesifikasi yg sama (carbon kevlar, double D ring dlsb).
        Tapi kalau ada duit sih tetep pengen Nolan aja hehhe…
        Skrg rata2 dah incl Pinlock kok dijualnya…tapi kalau mau terpisah ya spt yg di FJB, misal mau ganti visor + pake pinlock. Ga murah juga kan.
        Padahal dulu tuh visor dah anti fog. Material tambah mahal kali ya skrg…

  9. 1 silinder sih sebenernya cukup.. Asalkan harganya masuk akal buat masyarakat.. Tapi kalo sy gak salah pas nonton acara debat di m-tro tipi wkt itu, katanya emang sedang coba menekan utk tidak import motor dari thailan, karna ktanya sih pengen motor di rakit di dalam negri.. Kenapa harga 1 silinder semahal itu yah mungkin biar AHM ndak ngambil lagi dari luar, sementara diam2 buat produk dalem negri biar bisa menyerap tenaga kerja…. Gitu sih KAYAKNYA om.. Wkwkwk.. Lama2 lihat Z250 kok pingin yo.. Ckckck

    • Wah banyak yg masuk akal opininya, bisa bisa saya jadiin artikel nanti hehhee…
      Semuanya mungkin aja sih, mgkin itu strategi AHM, kita gak pernah tau.
      Mungkin aja mereka ‘melepas’ pasar moge entry level, hanya sekedar show case nunjukkin bahwa nih Honda juga ada kok 250-nya, despite itu 1 atau multi silinder ya…
      Dengan demikian bisa saja mereka berkonsentrasi di kelas sport s.d 200cc saja….

  10. Saat ini tidak harus, sampai motor derivatifnya AHM jadi. Mungkin ke depannya AHM juga harus membuat 2 silinder khusus pasar Indonesia, kenapa? karena selama PPnBm masih berlaku khusus motor 250 cc ke atas maka motor 250 cc akan tetap menjadi alternatif ingin merasakan sensasi moge, kecuali rakyat indonesia pendapatannya meningkat pesat.

    • Kalau begitu ya sudah siap2 fans honda cuma bisa ngeces liat produk lain 250 2 silinder ya? Dan jadi die harder membela kebetulan eh kebenaran dari sisi 1 silinder hehhe..
      Yah nasib…

      • Kalau di segmen matic, ketika derivatifnya muncul yaitu vario 125, si pcx langsung diupgrade mesinnya agar eksklusif. in my ngawur opinion. Kalau CBR150R memang tetap eksklusif dg berbagai kelebihannya dibandingkan cbsf.

      • Mungkin saja setelah mesin dan sasisnya diwariskan ke penerusnya cbr250r menjadi 2 silinder. in my ngawur opinion lagi.

      • Makanya dia naek ke 150 ya pcx tu..ya kalo cbr walo mesinnya di turunin ke cbsf tapi gak plek plek keknya dgn segala pengebiriannya hehhe

    • Di eropa mgkin lebih kena mindset kek gitu, konon disana lagi dihantam krisis ekonomi yg cukup luar biasa, jd apa2 lari ke efisiensi..
      Disini kurang kena, krn motor kelas itu dah gak terlalu mikirin konsumsi bbm…imo ya

  11. hehehe mantap artikelnya…

    ane setuju dengan pandangan ente melihat pada sisi peluang penjualan bahwa laris manisnya antara 1 atau 2 silinder lebih kepada siapa yg dapat mewakili keinginan konsumen terlepas dari pro kontra tentang 1 silinder yg menurut ane cuma alasan karena AHaM memang kagak bisa berbuat apa-apa.

    Yg lebih gokil lagi yg membuat artikel tentang “Rahasia CBR 250 tetap 1 silinder” seolah-olah tergabung diteam marketing padahal cuma pengamat. Pembahasan lebih ke teknik engine dan rumus2 untuk penggiringan opini padahal zona perkembangan 250cc sederhana saja, yakni value…..

    ๐Ÿ˜†

    • Gak salah mau digiring pake teknik sebenernya, tapi ya sampe berbusa juga silakan aja, jelas 2 silinder ada value lebih kok…1 silinder mau secanggih apa juga ya cuma 1 silindernya, identik dengan motor kebanyakan toh? Alias…bebek dan skutik hehehe…jadi, apa iya orang mau spend 50-60jt kalau silindernya sama ma motor dibawahnya? Kalau saya sih ogah…punya duit segitu hasil nabung, hasil perhitungan, masa belinya bukan barang spesial….as simple as it is sih hehe

  12. Kalo di eropa 1 silinder 250 dan 300 cc laku dikarenakan mindset orag bule cuma membeli motor karena sisi ekonomis dan praktis saja untuk cc yg mereka anggap kecil (250, 300cc) karena populasi moge (1000cc > kebawah) disana lebih luas, jadi memandang motor motor 250, 300 motor entry level. Jika dianalogikan melihatnya bak motor bebek disini.

    Berhubung di indonesia kondisi dan populasi Moge berbeda masih rendah bila dibandingkan dengan eropa, maka konsumen disini mencari 250,300 cc yg paling mewah dan paling value dari pabrikan. karena mindset orang indonesia yg berkesesuaian dgn daya beli moge yg masih rendah wajar menganggap 250cc< ke atas adalah motor mewah, dan 2 silinder adalah pilihan yg paling tepat.

    Biar ada blogger yg berbusa membela 1 silinder, ane cuma bisa ngomong atmosfer ekonomi menyangkut daya beli dan kondisi populasi moge di indonesia berbeda dari eropa, jadi 2 silinder pilihan tertepat untuk motor 250,300 cc.

    ๐Ÿ˜€

    • Hehhe…yang diucapkan atau dijelaskan dalam busa busa nerangin kelebihan 1 silinder nya gak salah kok, yang disebutin bisa jadi bener semua … Tapiiiii….tetep, produsen/APM itu jualan, bottom linenya kan itu, jualan, disambi dengan pemberian informasi teknologi biar user melek…
      Nah sudah tau kalau barang dagangan yg laku itu gimana, kok ya nyapein diri dengan buang2 energi koar2 soal teknologi…mending bebenah bukan? Hehhe…

      Singkatnya gini…”Oke 1 silinder lo canggih teknologi terkini, tapi gw mau belinya yang 2 silinder, gimana? Lo punya?” *krik krik krik

  13. sesuatu yg sudah jauh lbih baik..g harus dirubah.. Utk kubikasi 250 2 sylnder itu tehnology out of date.. Kbukti kwsaki skrg buntutin produksi 1 sylnder.. 2 sylnder min kubikasi 300cc

    • Buntutin untuk perluasan produk om, itu menurut saya, mendapatkan profit dr berbagai sisi, hal yang lumrah di dunia marketing.
      Apa kawasaki merasa 1 silinder lebih baik? Belum tentu.
      Makin banyak line up produk makin besar kemungkinan dapat profit. Itu saja menurut ay.
      Makin lebar jala ditebar, makin besar juga kemungkinan dapat ikan yang lebih banyak ๐Ÿ™‚

    • ooo ini ternyata yang bilang teknologi 250 2 silinder itu teknologi out of date…wkwkwkwk, taun depan Honda pake teknologi jadul itu loh ๐Ÿ˜€

  14. i want cbr 250- dgn model cbr 600cc

    2 silinder..
    under cowl harus berwarna seperti ninja abs…jgn cuman polosan warna hitam kayak r25

    dobel cakram? brani loe honda?
    tarikan bwh sampai atas nampol? mampu?
    suara khas 2 silinder…

    riding quality melebihi r25 dan pasti nya si banteng tanpa control ninja 250.

    jgn terlalu ramping,,, kita mau moge bukan vixion…
    kalo lincah sekalian pake beat jgn lupa lipstiknya,

    material nya jgn kayak r25… haduhhh parah…
    jgn kopong kayak r25…
    konsumsi bbm rata2 lah 250cc

    harga 68jt an ….. bungkus..

  15. kapan nih ninja 250 versi terbaru????????????????

    nge cessssss antara cbr 250 2silnder dan ninja 250 terbaru

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Dua Silinder Saja Sulit, V Twin is Too Good To Be True? | KobaYogas.com| Your Automotive Blog
  2. Sport Honda 250 2 Silinder Inline dan V Twin – Jangan Hanya Andalkan Power Kalau Ingin Jadi Penguasa | KobaYogas.COM

Yuk Tinggalin Jejak Lads..